0 Comment
Lengkap-Ragam-dan-Jenis-Karya-Seni-Rupa-Dua-Dimensi

- Ragam dan Jenis Karya Seni Rupa Dua Dimensi –Postedby-BukanTrik-, Merujuk pada pengertian dasar bahwa Seni Rupa adalah salah satu bagian kesenian yang penerapannya berbentuk dua atau tiga dimensi sebab memiliki panjang dan lebar, serta volume. Seni rupa adalah ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.

Seni rupa adalah seni yang cara pengungkapannya diwujudkan dalam bentuk rupa, yang meliputi unsur garis, warna, bidang, tekstur, gelap terang, dan titik. Seni rupa adalah realisasi dari sebuah imajinasi yang tanpa batas dan tidak ada batasan dalam sebuah karya seni. Sehingga dalam berkarya seni tak akan kehabisan ide dan imajinasi

Sedangkan pengertian dasar dari seni rupa dua dimensi adalah hasil karya seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja. Jadi hanya dapat dilihat secara frontal atau hanya dapat dinikmati dari depan.

Apa hanya seni rupa 3 dmensi aja yang memiliki ragam jenis ?

Tentu saja Bukan hanya seni rupa terapan 3 dimensi saja yang memiliki ragam jenis tetapi karya seni rupa dua dimensi juga memiliki banyak Ragam dan jenisnya. Yang karya karya nya dapat kita nikmati karena keindahan dan pesan yang ingin disampaikan dari karya seni rupa 2 dimensi. Dapat kita pahami berikut macam-macam jenis karya seni rupa 2 dimensi :

a. SENI LUKISAN


Seni lukis adalah suatu hasil seni rupa dua dimensi yang dilakukan dengan menciptakan suatu keadaan atau khayalan ke bidang datar melalui garis-garis dari warna . Selain itu juga Seni rupa dua dimensi mengandung pengertian sebagai sebuah karya seni yang memiliki dimensi panjang dan lebar saja. Atau juga bisa dikatakan sebuah karya seni yang hanya bisa dilihat dari satu sudut pandang saja.

Dari karya seni ini dapat menimbulkan rasa marah, gembira, sedih dan haru, indah, serta bersemangat. Contoh karya seni rupa dua dimensi adalah seni grafis, seni lukis, seni Reklame, dan seni ilustrasi.

Lukisan berbeda dengan gambar, gambar adalah pelukisan obyek ke atas kertas tanpa melibatkan unsur emosi atau ekspresi pencipta. Seorang penggambar haruslah memiliki keterampilan dalam membentuk garis-garis pada suatu bidang datar.

Dengan keterampilan itu seorang pelukis yang handal dapat
  • Membuat sebuah gambar dari obyek yang dilihatnya :
  • Membuat sebuah gambar bentuk-bentuk baru berdasarkan daya imajinasinya
  • Mengubah dan meniru bentuk-bentuk gambar yang sudah ada
Menurut bahan dan teknik pembuatannya seni lukis dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu
  • Lukisan cat minyak
  • Lukisan cat air
  • Lukisan orang
  • Lukisan kapur berwarna
  • Lukisan al fresco atau fresco
  • Lukisan tempera
  • Lukisan encaustis
  • Lukisan mozaik dan
  • Lukisan azalejo
Media tersebut biasanya dituangkan ke atas permukaan kanvas, kertas, papan tripleks, dan dinding bangunan.

Menurut alirannya seni lukis dibedakan menjadi lukisan yang beraliran

1) Naturalisme

Lukisan naturalisme merupakan karya seni lukis yang dibuat dengan mengambil objek sesuai dengan alam nyata, artinya sesuai dengan apa yang ditangkap oleh pandangan mata.

2) Realisme

Lukisan realisme merupakan karya seni lukis yang dibuat sesuai dengan kenyataan yang ada, biasanya berupa objek kehidupan rakyat biasa.

3) Ekspresionisme

Lukisan ekspresionisme merupakan karya seni lukis yang dibuat berdasarkan ungkapan perasaan seniman.

4) Klasikisme

Lukisan klasikisme merupakan karya seni lukis yang dibuat dengan penggambaran yang serba elok, indah, manis, dan sopan, serta penggambarannya dibuat-buat

5) Kubisme

Lukisan kubisme merupakan karya seni lukis yang mengungkapkan objek gambar dikembalikan pada bentuk dasar, seperti kubus, silinder, bola, balok, segitiga, dan kerucut.

6) Pointilisme

Lukisan pointilisme merupakan karya seni lukis yang dibuat dengan menyusun titik-titik untuk membuat objek gambarnya. Seni lukis terapan di wilayah Nusantara seperti lukisan pada kaca, lukisan pada papan hardboard, dan lukisan pada kanvas.

Lukisan tersebut dibuat sebagai sarana konsumtif masyarakat, maksudnya adalah dibuat dalam jumlah yang banyak kemudian diperjual belikan. Lukisan kaca yang terkenal berasal dari daerah Cirebon.

b. SENI REKLAME


Seni reklame adalah suatu kegiatan seseorang atau sekelompok orang di dalam mengajak orang lain untuk dapat mematuhi apa yang diserukan. Sedangkan kata reklame itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu re dan clamare. Re berarti berulang-ulang dan clamare berarti berteriak atau ajakan. Jadi menurut bahasa adalah berteriak atau mengajak berulang-ulang.

Apa saja sih jenis-jenis reklame?

Ada beberapa jenis reklame yang di bagi menjadi beberapa kelompok menurut sifat dan tujuannya serta menurut media yang digunakan dalam menyampaikan pesan dari reklame tersebut. Berikut penjelasan masing masing kelompok beserta contohnya :

Reklame terdapat beberapa macam atau jenis di lihat dari beberapa unsur diantaranya adalah sebagai berikut:

1) Reklame menurut SIFAT danTUJUAN NYA dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :


a) Reklame KOMERSIAL

apa sih reklame komersial ? Sesuai dengan tujuannya bahwa Reklame komersial adalah reklame yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan materi sebanyak-banyaknya dari apa yang mereka reklamekan.

Contoh : iklan sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, roti, baju, jaket, shampoo, perlengkapan kecantikan dan masih banyak lagi.

b) Reklame NON KOMERSIAL

Reklame non komersial atau reklame idiil adalah reklame yang mempunyai tujuan tidak untuk mendapatkan keuntungan materi tetapi biasanya berupa ajakan, himbauan, saran, peringatan dan informasi-informasi dari pemerintah atau lembaga-lembaga lain untuk menyampaikan program-programnya kepada masyarakat.

Contoh : poster ajakan untuk 3M (menguras, mencuci dan menimbun), mengajak ber-KB, mengajak untuk belajar wajib 9 tahun, menganjurkan kebersihan, memperingatkan masyarakat agar hati-hati terhadap flu burung dan sebagainya.

2) Menurut MEDIA yang DIGUNAKAN reklame dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu :


a) Reklame AUDIO

Reklame audio adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media suara (audio). Reklame jenis ini biasanya disampaikan lewat radio atau pengeras suara yang dibawa keliling dari daerah satu ke daerah yang lain.

b) Reklame VISUAL

Reklame visual adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media gambar atau tulisan (visual). Contoh reklame jenis ini adalah poster, selebaran, famplet, buklet, leaflet, mobile, etalase, spanduk, baliho, bilboard, bookjacket, embalasi, etiket, iklan.

c) Reklame AUDIO VISUAL

Reklame audio visual adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media suara dan gambar atau tulisan (audio visual). Contoh reklame jenis ini adalah reklame pada televisi, bioskop, dan slide.

c. SENI GRAFIS


Seni grafis adalah cabang seni rupa yang berwujud dua dimensi dan dikerjakan melalui teknik cetak. Seni grafis dapat dibuat dengan teknik sablon (cetak saring), cukil kayu (cetakan) etsa (pengasaman pada bahan metal), dan lito (pencetakan dengan bahan litho).

d. SENI ILUSTRASI


Kata ilustrasi berasal dari kata illustrate (Inggris) dan ilustrare (Latin) yang berarti menjelaskan atau menerangkan. Seni ilustrasi digunakan untuk membantu menjelaskan suatu pengertian. Penjelasan ilustrasi ini biasanya berhubungan dengan buku pelajaran, buku ilmiah, majalah, buku cerita novel, cerpen, komik, dan sebagainya. Bentuk ilustrasi dapat berupa gambar, foto, kartun, karikatur, dan vinyet

Demikian penjelasan lengkap mengenai “Ragam dan Jenis Karya Seni Rupa Dua Dimensi “ semoga bermanfaat . silahkan baca juga artikel terkait lainya dan jangan lupa komentarnya untuk masukan dan perbaikan nya. Makasih banyak untuk kunjungannya ke blog BukanTrik.


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top