0 Comment
pengertian
Lengkap-Macam-Macam-PENGERTIAN-SENI-TARI-Menurut-Para-Ahli

-Macam-macam Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli-Postedby-BukanTrik-, Secara garis besar seni dapat diartikan sebagai hasil cipta karsa dan karya manusia sehingga tercipta karya –karya seni yang indah.Sedangkan tari dapat diartikan adalah gerakan tubuh yang berirama dan biasanya diiringi oleh alat musik.

Tari merupakan salah satu cabang seni, dimana media ungkap yang digunakan adalah tubuh. Tari ibarat bahasa gerak merupakan alat ekspresi manusia sebagai media komunikasi yang universal dan dapat dinikmati oleh siapa saja, pada waktu kapan saja.

Sebagai sarana komunikasi, tari memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat. Pada berbagai acara tari dapat berfungsi menurut kepentingannya. Masyarakat membutuhkan tari bukan saja sebagai kepuasan estetis, melainkan dibutuhkan juga sebagai sarana upacara Agama dan Adat seperti yang terdapat pada seni tari Tradisional di indonesia

tari memberi corak budaya yang lebih variatif, dinamis, dan sangat beragam intensitas pendalamannya. Oleh sebab itu dalam beberapa tahun ke depan tari menjadi semakin memiliki aura yang diharapkan digali terus menerus

Ada beberapa pendapat dari para ahli yang akan mendefinisikan arti dan pengertian dari seni tari yang berbeda dalam sisi konsep nya namun pandangannya secara garis besarnya sejalan berikut macam-macam pengertian menurut pendapat para ahli seni

MACAM MACAM PENGERTIAN SENI TARI MENURUT PARA AHLI


Apa sih pengertian seni tari ?

Ada banyak ahli yang coba menjelaskan definsi dari pengertian seni tari dari sudut pandang yang berbeda diantaranya adalah sebagai berikut :

Unsur utama yang paling pokok dalam tari adalah gerak tubuh manusia yang sama sekali tak lepas dari unsur ruang, dan waktu, dan tenaga.

Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika.

Haukin menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diubah oleh imajinasi dan diberi bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk gerak yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta

Pengertian sinopsis seni tari Soedarsono bahwa tari merupakan ekspresi jiwa manusia yang diubah melalui gerak ritmis yang indah.

Dalam konteks yang masih sama Soeryodiningrat memberi warna khasanah tari bahwa beliau lebih menekankan kepada gerak tubuh yang berirama. Hal ini seperti terpetik bahwa tari adalah gerak anggota tubuh yang selaras dengan bunyi musik atau gamelan diatur oleh irama sesuai dengan maksud tujuan tari

Lebih jauh lagi ditambahkan CurtSach bahwa tari merupakan gerak yang ritmis

John Martin dalam The Modern Dance, menyatakan bahwa, tari adalah gerak sebagai pengalaman yang paling awal kehidupan manusia. Tari menjadi bentuk pengalaman gerak yang paling awal bagi kehidupan manusia.

Hawkins bahwa, tari adalah ekspresi perasaan manusia yang diubah ke dalam imajinasi dalam bentuk media gerak sehingga gerak yang simbolis tersebut sebagai ungkapan si penciptanya .

Berdasarkan pendapat tersebut dapat dirangkum bahwa, pengertian tari adalah unsur dasar gerak yang diungkapan atau ekspresi dalam bentuk perasaan sesuai keselarasan irama.

Di sisi lain Sussanne K Langer menyatakan, tari adalah gerak ekspresi manusia yang indah. Gerakan dapat dinikmati melalui rasa ke dalam penghayatan ritme tertentu. Apabila ke dua pendapat di atas digabungkan, maka tari sebagai pernyataan gerak ritmis yang indah mengandung ritme.

Oleh sebab itu, tari lahir merupakan ungkapan hasrat yang secara periodik digerakan sebagai pernyataan komunikasi ide maupun gagasan dari koreografer yang menyusunnya.

Corry Hamstrong menyatakan bahwa, tari merupakan gerak yang diberi bentuk dalam ruang.

Pada sisi lain Suryodiningrat seorang ahli tari Jawa dalam buku Babad Lan Mekaring Djoged Djawi menambahkan, tari merupakan gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan irama musik (gamelan) diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud tertentu.

Soedarsono menyatakan bahwa, tari sebagai ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan gerak-gerak ritmis yang indah. Dengan demikian pengertian tari secara menyeluruh merupakan gerak tubuh manusia yang indah diiringi musik ritmis yang memiliki maksud tertentu.

Dengan demikian dapat diakumulasi bahwa tari adalah gerak-gerak dari seluruh anggota tubuh yang selaras dengan musik, diatur oleh irama yang sesuai dengan maksud dan tujuan tertentu dalam tari.

Di sisi lain juga dapat diartikan bahwa tari merupakan desakan perasaan manusia di dalam dirinya untuk mencari ungkapan beberapa gerak ritmis.

Tari juga bisa dikatakan sebagai ungkapan ekspresi perasaan manusia yang diubah oleh imajinasi dibentuk media gerak sehingga menjadi wujud gerak simbolis sebagai ungkapan koreografer.

Sebagai bentuk latihan latihan, tari digunakan untuk mengembangkan kepekaan gerak, rasa, dan irama seseorang. Oleh sebab itu, tari dapat memperhalus pekerti manusia yang mempelajarinya.

Jadi, secara garis besar pengertian seni tari tradisional adalah hasil karya cipta yang didasari oleh rasa dan karsa berupa gerakan tubuh Dinamis berirama dan diiringi oleh alat musik

Demikian penjelasan lengkap mengenai “ macam-macam Pengertian Seni Tari Menurut para Ahli “ semoga bermanfaat . silahkan baca juga artikel terkait lainya dan jangan lupa komentarnya untuk masukan dan perbaikan nya. Makasih banyak untuk kunjungannya ke blog BukanTrik


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top