0 Comment
Wage rudolf supratman

Biografi-Perjuangan-Wage-Rudolf-Supratman-serta-Karya-Karyanya

-Biografi Wage Rudolf Supratman-Postedby-BukanTrik-, Pada tanggal 28 oktober 1928 lagu Indonesia raya diperdengarkan secara instrumental kepada umum dalam kongres pemuda 2. Semua orang yang hadir dalam kongres itu terpukau mendengar gesekan biola lagu Indonesia raya dengan cepat lagu itu diperkenalkan kepada kalangan pergerakan . lagu itu dijadikan lambing persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia untuk berjuang memperebutkan kemerdekaan.

Wage Rudolf supratman lahir pada tanggal 9 maret 1903 dibatavia. Ia menamatkan pendidikannya di klein amtenaar examen dan melanjutkan sekolah di normal school yag setara dengan sekolah pendidikan guru. Dimakasar ia lalu menajdi guru HIS (hollandsche inlandsche school) dimakasar.

Ia meninggalkan dunia pendidikan kemudian pindah kerja pada sebuah perusahaan perdagangan dimakasar ia tidak betah bekerja dan memutuskan pulang ke Batavia. Selanjutnya ia menjadi wartawan.wage Rudolf supratman pernah menjadi wartawan surat kabar kaoem kita.

Dan pembantu lepas pada harian cina dan berbahsa melayu.sin pod bersama P. harahap ia mendirikan kantor berita alphena ia juga menulis roamn yang diberi nya judul perawan desa yang kemudian di bredel pemerintah colonial belanda.

Sekitar tahu 1924 ia membaca seruan agus salim kepada para komponis untuk menciptakan lagu kebangsaaan di harian fadjar asia . ia lantas menggubah sebuah lagu yang diberinya judul Indonesia raya.

Lagu besyair patriotic itu lantas direkam tio tek fong dan pertama kali didengar para pemuda pada malam penutupan kongres pemuda 2 tanggal 28 oktober 1928 dijakarta yang amat memukau mereka.

Pemerintah colonial belanda serta merta melarang lagu Indonesia raya diperdengarkan untuk mengatasi pembredelan pemerintah colonial belanda lirik lagu Indonesia raya sedikit diperlunak dengan menganti kata merdeka menajdi mulia.

Sealin Indonesia raya wage Rudolf supratman juga menggubah lagu-lagu perjuangan beberapa karyanya itu adalah bendea kita, bangunlah hai kawan, di tumor matahari. Dan RA kartini. Pada bulan april 1937 wage Rudolf supratman menuju Surabaya pada tanggal 17 agusts 1937 ia wafat karena penyakit paru-paru

Ia dimakamkan di Surabaya depan kuburan rangkah . pemerintah Indonesia mengangkat nya selaku pahlawan pergerakan nasional pada tangal 20 mei 1971

Demikian penjelasan mengenai sejarah dan kisah “Biografi Wage Rudolf Supratman” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top