-->

Kisan dan sejarah Perjuangan Hajjah Rangkayo Rasuna Said

Biografi Rangkayo Rasuna Said

Kisah-dan-Sejarah-Perjuangan-Hajjah-Rangkayo-Rasuna-Said

-Biografi Rangkayo Rasuna Said-Postedby-BukanTrik-, Setelah menamatkan pendidikannya rasuna said mengajar di school putri tempatnya besekolah. Namun ia sadar bahwa perjuangan untuk memajukan permpuan tidak hanya dengan mendirikan sekolah tetapi harusnya juga turut berperan katif dalam dunia politik.

Atas dasar itu lah ia menggagas ide untuk mem4sukan pendidikan politik dalam kurikulum school putri namun gagasan nya itu tidak disambut baik oleh pihak sekolah akhirnya dia mengundurkan diri sebagai pengakar di sekolah itu.

Rangkayo rasuna said lahir di maninjau , Sumatra barat tanggal 18 september 1910 sejak kecil ia taat pada agama dan mempunyai kebernaian yang laur biasa. Ia berani mengutarakan kebenaran dan berani pula menaggung resikonya.

Ia menempuh sekolah dasar di maninjau , diniyah school dan sekolah thawalib. Di satu-satunya santri perempuan disekolah tersebut..rasun said selalu memprejuangkan persamaan hak perempuan agar sama dengan laki-laki.untuk dirinya memfokuskan usahanya pada pendidikan bagi kaum permpuan Indonesia.

Dalam usia 20 tahun, ia sudah aktif berpolitik. Ia pernah menjadi sekertaris cabang sarekat islam di sumatera barat. Ia juga bergabung degan persatuan muslim Indonesia. Organisai politik yang kemudian beralih nama menjadi partai muslimin Indonesia(permi.

Suarnay amat lantang dan bernai mengecam kebijakan peerintah colonial belanda.pada tahun 1932 ia ditangkap pemerintah belanda dan dipenjarakan disemarang. Hukuman dan penjara tidak membuatnya jera perempuan minangkabau yang pemberani ini tetap menghendaki bangsanya terbuka kesadaran politiknya dan mendapatkan pendidikan yang layak.

Rasuna said tidak hanya berpolitik saja namun juga langsung berkprah dalam pendidikan bangsanya. Ia mendirikan nsekolah thawalib di padang dan juga mendirikan perguruan putri di medan ia berkiprah dalam dunia jurnalistik dengan menjadi pengasuh majalah menara poetry di medan

Setelah Indonesia merdeka ia tercatat menjadi salah satu anggota komite nasional Indonesia pusat (knip) IA juga diangakat menajdi dewan perwakilan rakyat Indonesia serikat dan juga dpr sementara serta juga daingkat menjadi dewan pertimbangan agung (DPA) pada tanggal 1959

Rangkuyo rasuna said wafat di Jakarta tanggal 2 november 1965 dan dikebumikan ditaman makan pahlawan kalibata Jakarta . pemerintah Indonesia menganngkatnya menajdi pahlawan nasional pada tahun 1974

Demikian penjelasan mengenai sejarah dan kisah “Keistimewaan dan peran Rangkayo Rasuna Said” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Kisan dan sejarah Perjuangan Hajjah Rangkayo Rasuna Said"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan