-->

Jenis senjata Tradisional yang berasal dari Banten

Jenis senjata Tradisional yang berasal dari Banten

Jenis-senjata-Tradisional-yang-berasal-dari-Banten

-Senjata Tradisional Banten-Postedby-BukanTrik-, Banten merupakan salah satu provinsi yang kaya dengan berbagai jenis kegiatan kesenian serta kebudayaan. Mulai dari alat musik tradisional sampai benda-benda unik yang memiliki nilai seni tinggi, masih terjaga dan berpotensi besar sebagai daya tarik pariwisata di Provinsi Banten.

selain itu juga banten terkenal dengan para jawara / pendekarnya yang memiliki keahlian dalam seni bela diri pencak silat dan pandai dalam menggunakan senjata tradisional sebagai ciri khas nya. Dan salah satu kesenian yang menggabungkan beberapa kesenian banten menjadi salah satu pertunjukan yang menarik adalah seni debus

Debus merupakan atraksi kekebalan tubuh yang didemonstrasikan sesuai dengan keinginan para pemainnya, seperti menusuk perut dengan gada (semacam senjata), makan api, memasukkan jarum ke dalam lidah, kulit pipi dan anggota tubuh lainnya sampai tembus, menyiram tubuh dengan air keras sampai pakaian yang dikenakan hancur, dan masih banyak lagi. Dan unik nya semua ini dilakukan tanpa menyebabkan luka sedikitpun pada tubuh pemain yang melakukan atraksi debus ini.

Selain seni beladiri ini suku baduy juga memiliki senjata tradisional yang khas yang berupa senjata golok yang biasa mereka gunakan baik untuk bercocok tanam maupun fungsi lainnya. Ada beberapa jenis senjata golok khas banten yang memiliki nilai terntu bagi si pemakainya berikut penjelasan nya:

1. Golok



Golok merupakan salah satu senjata yang memiliki nilai karya seni. yang terlihat pada Keindahan golok dari bagian gagang dan sarungnya. Ada kesan unik dan bersejarah ketika melihat sarung dan gagang pada golok.

Golok Banten merupakan simbol peradaban zaman Kerajaan Banten. Dahulu golok digunakan sebagai alat pertahanan untuk melawan musuh atau orang yang berniat mengancam keselamatan. Golok Banten digunakan para jawara untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan sebagai lambang kehormatan dan derajatnya sebagai jawara.

golok bagi si pemegang dan pemakainya memiliki fungis dan simbol untuk menambah keberanian, kekuatan, ilmu kanuragan, mempercepat penyerapan keilmuan, wibawa, dan penjaga.

2. Golok Ciomas



Golok ciomas merupakan salah satu pusaka turun temurun karena untuk dapat memiliki senjata tradisional ini seseorang harus memiliki garis keturun dengan para leluhurnya sebagai ahli warisnya, menurut sebagaian sumber mengatakan bahwa golok ciomas dalam proses pembuatanya membutuhkan ritual / upacara khusus dan juga alat khusus yang merupakan warisan turun-temurun.

Golok Ciomas ini terdiri dari beberapa jenis, yakni jenis Salamunggal, Mancungan, Malapah Gedang, Candung, Kembang Kacang, dan Bedul Mungkuk. Serta untuk ‘gagang’ nya sendiri juga terdapat beberapa penamaan, yaitu Jengkol Sahulu, jebuk Sepasi, Pala Burung, Wayangan Standar Ciomas, Wayangan Satria. Penamaan ini digunakan untuk membedakan asli atau tidaknya golok.

Konon kabarnya Golok Ciomas dipercaya sebagai senjata yang dapat meredam amarah dan hawa nafsu orang, oleh karenanya Golok ciomas ini juga dikenal sebagai ‘senjata perdamaian’. Atas keistimewaannya tersebut menjadikan Golok Ciomas sebagai warisan budaya khas Banten yang cukup terkenal.

3. Golok Salungkar



Golok Sulangkar termasuk salah satu pusaka Kramat Asli Warisan budaya Banten dan Golok ini di Gunakan Masyarakat Banten Sebagai Senjata Saat Melawan Penjajah, Dahulu Orang Banten Menggunkan Golok Sulangkar ini di Oleskan dengan Racun Agar Melumpuhkan Musuh. Racun yang di Oleskan Adalah Ular Tanah, Katak Budug dan Kalajengking.

Sulangkar asli terbuat dari besi pilihan diantaranya besi Pelat Hitam, yang disebut besi sulangkar, dan baja dari kikir bekas, besi sulangkar yang digunakanpun harus besi pilihan yang mengandung besi yang sudah dipakai oleh orang-orang zaman dulu/bekas pakai (konon dipercayai besi Kuno Mengandng mistis yang kuat) seperti bekas material andong alias sado atau dokar

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam-macam Nama “Jenis senjata Tradisional yang berasal dari Banten” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Jenis senjata Tradisional yang berasal dari Banten"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan