0 Comment
 Jenia Tari-Tarian Tradisional yang Berasal dari Papua dan papua barat

Jenis-Tari-Tarian-Tradisional-dari-Papua-dan-Papua-Barat

-Tarian Tradisional Papau-Postedby-BukanTrik-, Papua merupakan salah satu provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur Papua Bagian Barat (dulu Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini. Provinsi Papua dulu mencakup seluruh wilayah Papua Bagian barat, namun sejak tahun 2003 dibagi menjadi dua provinsi dengan bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat. Papua memiliki luas 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan terbesar pertama di Indonesia.

walaupun letaknya di bagian paling timur Indonesia dan masyarkatnya masih terlihat primitive itu dapat dilihat dari cara mereka hidup dan menjalani kehidupan dengan penuh kesederhanaan, walaupun begitu mereka juga memiliki jiwa seni yang tinggi yang dapat dilihat dari beberapa seni budaya yang terdapat di daerah papua dan papua barat

Salah satu seni budaya yang terdapat di provinis papua adalah seni musik dan seni tarinya .sebelumnya sudah admin kupas mengenai jenis alat musik tradisional yang terdapat di provinsi papua dan papua barat. Pada kesempatan kali ini admin bukan trik ingin mengupas jenis tari-tarian yang berasal dari papua dan papua barat. Berikut penjelasan mengenai macam-macam jenis tari-tarian papua diantaranya

1. Tarian Tradisional Andun



Tari andun adalah jenis tarian pergaulan atau tari persahabatan antara kaum muda mudi papua. Yang mana tarian andun merupakan gabungan dua tarian dari rakyat Papua, yakni tari yosim dan tari pancar yang disingkat dengan YOSPAR.

Yang mana tari Yosim merupakan suatu jenis tarian tua mirip poloneis dari dansa Barat dan berasal dari Sarmi, suatu kabupaten di pesisir utara Papua, dekat Sungai Mamberamo, namun ada juga yang mengatakan bahwa Yosim berasal dari wilayah teluk Saireri (Serui, Waropen).

Sedangkan tarian Pancar adalah suatu tarian yang berkembang di Biak Numfor dan Manokwari awal 1960-an semasa zaman Belanda di Papua, tarian ini menirukan gerakan-gerakan “akrobatik” di udara - seperti gerakan jatuh jungkir-balik dari langit, mirip daun kering yang jatuh tertiup angin

Tari yosim pancar atau andun memiliki dua regu pemain yang terdiri dari regu musisi dan regu penari. tarian yospan di tarikan lebih dari satu orang dengan gerakan dasar yang penuh semangat, dinamik, dan menarik. Beberapa jenis gerakannya yang terkenal seperti pancar gas, gale-gale, jef, pacul tiga, seka, dan lain-lain.

Sedangkan Keunikan yang terdapat pada tarian andun terlihat dari segi pakaian adat yang digunakan, aksesori yang dipakai, dan alat musik menyeratainya. Alat musik yang dipakai untuk mengiringi tarian ini terdiri dari gitar, ukulele (juk), tifa, dan bass akustik (stem bass).

Ukulele, Tifa dan Stem Bass biasanya dibuat sendiri. Seorang yang sudah mahir bermain Stem Bass terkadang dapat bermain bukan lagi menggunakan jari atau telapak tangan untuk menekan not tapi menggunakan telapak kaki pada senar nilon. Irama dan lagu daerah Tari Yospan secara khusus sangat membangkitkan kekuatan untuk tarian.

tarian andin atau tari yospan cukup populer dan sering diperagakan pada setiap event, acara adat, kegiatan penyambutan dan festival seni budaya. Yospan juga biasa ditampilkan di Manca Negara untuk memenuhi undangan atau mengikuti Festival disana.

2. Tari Tradisional Suanggi



Tari Suanggi merupakan jenis tarian ritual adat seperti hal nya tari perang dan tarian dukun untuk menyembuhkan atau mengusir penyakit. Tarian yang berasal dari Papua Barat ini mengisahkan seorang suami ditinggal mati istrinya yang menjadi korban angi-angi (jejadian).

tari suanggi adalah bentuk ekspresi masyarakat Papua Barat tentang kekentalan nuansa magis di daerah tersebut. Beberapa tarian di Papua, cenderung terkesan berawal dari gerakan ritual dan upacara adat keagamaan. Seperti halnya tari suanggi ini

3. Tarian Tradisional Selamat Datang



Sesuai dengan namanya Tari Selamat Datang merupakan tarian untuk menyambut tamu kehormatan. tarian ini memperlihatkan kegembiraan hati penduduk dalam menyambut para tamu yang dihormati. Tari selamat datang merupakan tarian yang berasal dari Papua.

Tarian yang menjadi andalan di daerah Papua ini sangat dikenal kekhasan gerakannya yang energik dan dinamis, ditambah dengan keunikanya dalam penggunaan aksesoris para penarinya seperti hiasan kalung dan tutup kepala yang terbuat dari kerang atau gigi dan tulang hewan yang menarik seperti hendak berperang ternyata mampu mencuri perhatian para penonton.

Tarian selamat datang menjadi sebuah icon atau ekspresi gembira dan rasa hormat yang ditunjukkan para penduduk Papua dalam ritual atau upacara penyambutan tamu. Tarian ini melibatkan beberapa orang penari pria dengan pakaian adat papua (memakai sehelai kain yang menutupi bagian depan tubuh) lengkap dengan tameng dan tombak. Terdapat pula sekumpulan orang atau regu musisi yang mengiringi tarian ini dengan alat musik seperti gitar, ukulele, tifa dan stem bass yang biasanya dibuat sendiri oleh penduduk Papua.

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam-macam Nama “Jenis Tari-Tarian Tradisional yang Berasal dari Papua dan papua barat” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top