-->

Kisah Perjuangan Sultan Mahmud Badaruddin 2

Sultan mahmud badaruddin 2

Kisah-Perjuangan-Sultan-Mahmud-Badaruddin-dan-Peran-nya

-Biografi Sultan Mahmud Badaruddin-Posted-BukanTrik-, Belanda menyusun siasat tipu muslihat untuk menjatuhkan sultan badaruddin 2 , belanda mengajak sultan badaruddin 2 untuk berunding dengan prabu anom diatas kapal belanda. Sultan badaruddin 2 menerima ajakan perundingan tersebut dengan mudah belanda dapat menangkap sultan badaruddin 2 selanjutnya sultan badaruddin diasingkan ke ternate. Dia menjalani masa pengasingan selama 31 tahun hingga akhirnya wafat disana.

Nama aslinya adalah raden hasan , dilahirkan dikota palembang tahun 1767, ia naik tahta dan memiliki gelar sultan mahmud badaruddin 2. Pada saat batavia diduduki inggris pada tahun 1881, sultan mahmud badaruddin 2 justru berhasil membebaskan palembang dari cengkeraman penjajah belanda pada tanggal 14 mei 1811.

Inggris yang berhasl mengalahkan belanda mengirimkan 3 utusan ke palembang untuk mengambil alih kongsi belanda yang terdapat di palembang pada tahun 1812 kedatangan mereka disambut dengan perlawan rakyat palembang dibawah pimpinan sultan mahmud badruddin 2.

Inggris berhasil mengalahkan pasukan sultan mahmud badaruddin 2 dan memaksa penguasa sah kerajaan palembang itu menyingkir ke muara rawas. Inggris kemudian menunjuk najamudin untuk bertahta selaku slutan di palembang.

Setelah berkuasa selama 5 tahun inggris mengembalikan hindia belanda ke belanda pada tahun 1816. Selian itu inggris juga mengembalikan tahta kerajaan pelambang ke pada sultan mahmud badaruddin 2. Belanda bermaksud kembali berkuasa di palembang. Sultan mahmud badaruddin 2 segera menyerukan rakyat palembang untuk melakukan perlawanan peperangan pun meletus dengan dahsayt.

Pasukan belanda terpukul mundur meski mereka telah mendatangakn bala bantuan tetap juga tidak mampu mematahkan perlwanan rakyat palembang.

Seperti biasa belanda dapat menangkap sultan mahmud badaruddin 2 melalu strategi perundingan sultan mahmud badaruddin 2 diasaingkan ke batavia kemdian dipindahkan ke ternate , maluku utara, hingga akhirnya beliau wafat pada tanggal 26 november 1852.

Jenzahnya dimakamkan diternate. Pemerintah indonesia mengangkat sultan mahmud badaruddin 2 menjadi Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Nasional Indonesia pada tahun 1984.

Demikian penjelasan mengenai sejarah dan kisah “Biografi Sultan Mahmud Badaruddin” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Kisah Perjuangan Sultan Mahmud Badaruddin 2"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan