-->

Jenis Tari-Tarian Tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur

jenis Tari-Tarian tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur

Jenis-Tari-Tarian-Tradisional-yang-berasal-dari-Nusa-Tenggara-Timur

-Tarian Nusa Tenggara Timur-Postedby-BukanTrik-, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang kaya akan budaya dan daerah pariwisata yang tersebar dari sabang hingga merauke. Keragaman budaya yang dimiliki menjadikan Indonesia salah satu pusat tujuan wisata masyarakat dunia. Hal tersebut didukung oleh suasana dan kondisi alam serta masyarakat penghuninya yang memilki budaya dengan karakteristik yang unik dan beraneka ragam antara pulau yang satu dengan yang lainnya.

Setiap pulau yang terdiri dari beberapa wilayah tentu memiliki ragam kebudayaan tersendiri sesuai dengan lingkungan dan kondisi alam yang mereka tempati. begitupun dengan provinsi nusa teggara timur Selain keindahan alam, NTT pun kaya akan kultur atau budaya masyarakat yang mendiaminya yang masih begitu kental dengan adat istiadat yang dianut sejak zaman nenek moyang terdahulu. Adat-istiadat yang berkembang pada masyarakat NTT pada umumnya memilki fungsi yang cukup penting dalam pengamalan norma agama dan etika di samping nilai estetika atau keindahan yang dimilikinya.

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki beragam keunikan budaya, baik itu dalam hal seni tari, pakaian adat, rumah adat, lagu daerah, seni alat music daerah, upacara adat, hingga tradisi masyarakatnya lainnya berikut admin ingin sedkit mengupas seni tari yang berasal dari provinsi nusa tenggara timur berikut penjelasan lengkap mengenai nama nama jenis seni tari tradisional dari NTT:.

Tari Tradisional Bidu



Tari Bidu merupakan jenis tarian pergaulan yang sangat populer di kalangan masyarakat adat nusa tenggara Timor pada umumnya, khususnya kabupaten Timor Tengah Utara. Tarian bidu biasanya dipersembahkan dalam rangka menyambut atau hiburan bagi tamu kehormatan, atau pada acara-acara perkawinan di desa atau pada ritual adat lainnya . Tarian ini biasanya di tari kan oleh wanita pilihan dengan mengenakan pakaian adat lengkap dengan aksesorisnya.

Tari Tradisional Cerana



Tari Cerana merupakan jenis penyambutan tamu Tarian cerana sangat populer di kalangan masyarakat kota Kupang dan sekitarnya. Tarian cerana biasanya dipertunjukan ketika ada kunjungan tamu-tamu kehormatan,yang biasanya diragakan oleh gadis-gadis pilihan. Busana yang dikenakan lebih sering menggunakan ragam pakaian bernuansa etnis Rote lengkap aksesoris di kepala leher dan tangan.

Tari Tradisional Kebalai



Tari Kebalai merupakan jenis tarian pergaulan muda mudi masyarakat adat Rote yang biasanya dipertunjukan ketika ada acara-acara yang bernuansa daerah dan lebih bersifat pergaulan antar masyarakat setempat.

Tari Tradisional Likurai



Tari Likurai merupakan Jenis tarian adat tradisional masyarakat Timor khususnya di daerah Belu, yang biasanya di tari kan oleh sejumlah pria dan wanita pilihan. Tarian likurai sering ditampilkan pada acara-acara tertentu (perkawinan atau penjemputan dan hiburan bagi tamu-tamu kehormatan). 

Keunikan tarian likurai bagi lelaki terletak pada kakinya yang lincah memainkan/ menyuarakan bunyi giring-giring mengikuti irama gendang yang ditabu oleh sejumlah wanita penari. Sedangkan pada wanita berupa aksesoris di kepala, leher dan tangan ditambah kelincahan jari-jemari tangan menambu gendang yang dililit disamping kiri/kanan sambil meliuk-liukkan tubuhnya.

Tari Tradisional Kataga



Tari Kataga merupakan jenis Tarian perang yang berasal dari kabupaten Sumba Barat dan biasanya di tari kan oleh pria yang disebut Kataga Lelaki dan wanita yang disebut Kataga Perempuan. Tarian katega memilici ciri khas tarian yang penuh semangat dan terkesan sangat enerjik para penarinya. Gerakan tarian ini sewaktu-waktu diselingi teriakan keras dan nyaring ketika terjadi gerakan menyerang lawan.

Tari Tradisional Hedung



Tari Hedung merupakan jenis tarian perang yang sangat populer di kalangan masyarakat Flores Timur. Tarian hedung ditarikan oleh para lelaki pilihan yang di sebut Dani Dana. Sedangkan penari yang di tari kan oleh kaum wanita disebut Tari Lili. Tarian yang penuh energik dan gerkanya yang penuh semangat dengan membentuk lingkaran oleh sejumlah penari sambil melemparkan pantun.

Tari Tradisional Atanua Dan Wenggu



Tari Atanua dan Wenggu merupakan jenis tarian pergaulan yang di tarikan secara masal oleh masyarakat kabupaten Ende yang memiliki ciri gerakannya melingkar sambil menyerahkan selendang. tarian ini diiringi lagu Sodha dan Ndoo. Tarian atanua dilakonkan baik pria atau wanita pada pesta-pesta atau pada saat gembira diterang bulan.

Tari Tradisional Toda Gu



Tari Toda Gu merupakan jenis tarian kemenangan atau kegembiraan. Tarian ini dimainkan sebagai simbol kemenangan dalam perang. yang memiliki ciri keunikan biasanya di tarikan di atas bambu sambil berlompatan

Demikian penjelasan lengkap mengenai Nama macam-macam “Jenis Tari-Tarian Tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Jenis Tari-Tarian Tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Timur"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan