0 Comment
Nama senjata tradisional sulteng

Jenis-Senjata-Tradisional-yang-Berasal-dari-Sulawesi-Tengah

-Senjata Tradisional Sulawesi Tengah-Postedby-BukanTrik-, Senjata atau perkakas tradisional merupakan salah satu warisan budaya dan merupakan bukti peninggalan sejarah yang terdapat pada setiap daerah di indonesia. Senjata memiliki makna dan fungsi sebagai alat untuk berperang melawan musuh atau melindungi diri dari serangan binatang buas serta alat untuk memudahkan dalam mengolah lahan pertanian dan ladan juga sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan rumah .

Senjata yang berfungsi sebagai senjata perang umunya di dilengkapi dengan senjata sejenis tameng yang memiliki fungsi sebagai pelindung diri dari serangan lawan yang disebut “cakalele” yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis.

Setiap daerah di indonesia memiliki ragam senjata tradisional yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, begitupun dengan provinsi sulawesi Tengah. Yang memiliki beberapa senjata tradisional yang terkenal salah satunya adalah pasatimpo, berikut adalah macam macam nama jenis senjata tradisional yang berasal dari sulawesi tengah :

1.Senjata tradisional pasatimpo

pasatimpo merupakan senjata tradisional sejenis parang yang memiliki keunikan bentuk hulunya yang bengkok serta sarungnya diberi tali.

2.Senjata tradisional tombak

Senjata tradisional tombak dari sulteng memiliki keunikan dan ciri khas yaitu senjata yang terdiri atas kanjae dan surampa (bermata tiga seperti senjata trisula)

3.Senjata tradisional guma

Guma merupakan jenis senjata tradisional dari sulteng yang memiliki keunikan dan ciri khas bentuk berupa parang panjang yang dibuat oleh tukang besi (pande) yang ahli membuat senjata tajam.

4.Senjata tradisional cakalele/ perisai

Senjata tradisional cakalele merupakan jenis senjata yang berfungsi dan digunakan Sebagai alat pelindung diri dari serangan lawan yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Nama contoh macam-macam “jenis senjata tradisional yang berasal dari sulawesi tengah” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top