0 Comment
Jenis Senjata Tradisional yang Berasal dari Papua barat

Jenis-Senjata-Tradisional-yang-Berasal-dari-Papua-barat

-Senjata Tradisional Papau Barat-Postedby-BukanTrik-, Provinsi Irian Jaya barat atau Papua barat merupakan salah satu provinsi yang terluas di Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur sedangkan Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini.

Dahulu Provinsi Papua mencakup seluruh wilayah Papua bagian barat Setelah merdeka dan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia Indonesia, wilayah ini dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969 hingga 1973. sehingga sering disebut sebagai Papua Barat.

Secara budaya dan tradisi papua dan papua barat memiliki kesamaan dalam berbagai hal dan dalam artikel kali ini admin bukantrik ingin sedikit mengupas mengenai nama jenis senjata tradisional yang berasal dari papua barat , seperti hal papau senjata tradisional di provinsi paua barat juga memiliki kesamaan jenis

Secara umum ada beberapa jenis senjata yang memiliki kemiripan, namun memilki keunikan pada bentuk bilah nya yang tajam dan bentuk warangka atau gagangnya, begitupun dengan provinsi papua barat, yang memiliki beberapa jenis senjata tradisional yang berupa tombak, busur dan panah serta pisau belati berikut penjelasan mengenai senjata tradisional yang berasal dari papua

Senjata tradisional lembing/ tombak



Suku dani memiliki mata pencaharian sebagai meramu dan berburu sehingga tombak merupakan salah satu senjata utama yang di gunakan untuk berburu walau bentuknya sama dengan tombak pada umumnya namun masyarakat Papua memiliki keunikan tersendiri dilihat dari bahan yang digunakan untuk membuat tombak atau lembing

tombak dikenal dengan nama lembing yang merupakan salah satu jenis senjata tradisional yang berasal dari Papua Senjata tombak ini sering digunakan untuk berburu. Tombak suku adat di papua dibuat dari bahan alam seperti kayu dan batu. Setiap suku memiliki bentuk tombak yang berbeda, diantaranya ada yang memiliki 1 mata tombak dan juga 2 mata tombak.

Tombak adalah senjata untuk berburu dan berperang, yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya tongkat sebagai pegangan dan mata atau kepala tombak yang tajam dan kadang diperkeras dengan bahan lain. berupa tulang atau batu yang dihaluskan di sebagai daerah lain bahan tombak diganti menjadi logam yang lebih kuat dan tahan lama.

Senjata tradisional pisau belati



Selain senjata lembing masyarakat Papua di pedalaman, selalu menyelipkan senjata belati yang diikatkan di betis atau di gantung dipinggangnya. Belati ini bentuknya hampir sama dengan senjata badik, pisau atau mandau hanya bentuknya lebih kecil dan belati terbuat dari baja keras dengan ketebalan hampir mencapai 4mm.

Tetapi di papua senjata tradisional pisau belati yang terbuat dari tulang burung kasuari atau terbuat dari bambu. Pisau ini bisa dibuat dari tulang kaki burung kasuari atau bambu dengan ujung yang meruncing, sedangkan gagangnya dihiasi oleh bulu burung kasuari Sehingga seorang suku Papua akan lebih aman jika berada di hutan bila membawa belati dan lembing.

Senjata tradisional panah dan busur



Salah satu senjata tradisional di Papua yang cukup terkenal dan menjadi senjata utama adalah adalah Busur dan Panah. Busur tersebut terbuat dari sekang bambu atau kayu, sedangkan tali Busurnya terbuat dari sekang rotan. Anak panahnya terbuat dari sekang bambu, kayu atau tulang kangguru. Busur dan panah dipakai untuk berburu atau berperang.

Senjata tradisional kapak batu



Kapak batu merupakan salah satu jenis senjata tradisional suku adat di Papua dan Papua Barat. Kapak batu ini sesuai namanya yang tentunya Terbuat dari bahan batu alam yang dihaluskan dan dibentuk dan menyerupai seperti mata kampak, kemudian diberi bingkai anyaman yang di buat dari serat kayu hutan pilihan dan anggrek hutan, yang oleh masyarakat papua senjata perkakas ini sering dipergunakan untuk keperluan memotong, mencungkil dan menggal.

Demikian penjelasan lengkap mengenai Nama macam-macam “Jenis Senjata Tradisional yang Berasal dari Papua barat” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top