0 Comment
Alat musik kalimantan utara

Jenis-Alat-Musik-Tradisional-dari-Kalimantan-Utara

-Alat Musik Kalimantan Utara-Postedby-BukanTrik-, Setiap Alat music tradisional yang terdapat pada Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan masing masiag walaupun ada juga beberapa kesenian musik yang memiliki kesamaan bentuk dan cara memainkan nya karena percampuran budaya yang dibawa oleh kaum pendatang yang datang ke tempat itu dan salah satuya adalah jenis alat music yang berasal dari Kalimantan utara

Provinsi Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak.

Kalimantan utara memiliki ragam jenis kesenian sebagai bagian dari warisan budaya para pendahulunya. Salah satunya adalah seni Alat Musik, kalut memiliki beberapa alat musik Tradisional yang terdiri dari alat musik Babun, alat musik Gambang, alat music Rebab. Berikut penjelasan lengkapnya:

ALAT MUSIK Tradisional Babun



Babun merupakan jenis alat musik pukul yang berbentuk bulat yang terbuat dari bahan kayu, yang diberi lubang ditengah serta tiap sisinya dilapisi dengan kulit kambing. Babun dimainkan dengan cara di pukul seperti halnya cara memainkan alat musik kendang.

ALAT MUSIK Tradisional Klentengan



Klentengan merupakan jenis alat music pukul yang terbuat dari bahan kayu. Alat musik klentengan merupakan alat musik pukul sejenis silofan yang mirip dengan gambang. Alat musik ini terdiri dari 8 bilah kayu yang ditempatkan pada rak kayu. Pada sisi kanan dan kiri sluding dihias dengan motif kepala burung Enggang yang dianggap sebagai hewan sakral oleh suku bangsa Dayak Modang. Alat musik ini dimainkan saat upacara adat.

ALAT MUSIK Tradisional Rebab



Rebab merupakan jenis alat musik gesek yang merupakan budaya timur tengah yang dibawa dari abad ke-8 dan menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam yang lebih banyak dari Afrika Utara, Timur Tengah, bagian dari Eropa, dan Timur Jauh.

Rebab memiliki ciri khas bentuk menyerupai tangkai di bagian bawah agar rebab dapat bertumpu di tanah, serta memiliki ciri Ukuran rebab biasanya kecil, dengan badannya bulat, pada bagian depan merupakan bagian membran seperti perkamen atau kulit domba dan memiliki leher panjang terpasang.

Ada leher tipis panjang dengan pegbox yang memiliki dawai satu, dua atau tiga senar. Tidak ada papan nada. Alat musik ini dibuat tegak, baik bertumpu di pangkuan atau di lantai. Busurnya biasanya lebih melengkung daripada biola. Dan sdalam pembuatan Rebab Kalimantan Utara terbuat dari bahan kayu, rotan dan kulit binatang

ALAT MUSIK Tradisional Keledik



Keledik merupakan jenis alat musik yang terbuat dari labu dan bilah bambu yang cara memainkan nya dengan cara ditiup dan dihisap, alat musik Keledi atau organ mulut dibuat dari buah labu yang sudah tua (berumur 5-6 bulan) kemudian dikeluarkan isinya, direndam selama satu bulan, dan selanjutnya dikeringkan.

Buah labu dan batang-batang bambu disatukan dengan menggunakan perekat dari sarang kelulut (sejenis lebah hutan berukuran kecil). Alat musik ini menghasilkan nada pentatonik. keledi dimainkan untuk mengiringi nyanyian tradisional, tarian, teater tutur (berupa syair dalam nyanyian yang berisi nasihat dan petuah) serta saat upacara adat pada suku bangsa Dayak.

Sebenarnya untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat Rumpun Uut Danum alat ini juga disebut dengan nama Korondek

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam nama “ Jenis Alat Musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Utara” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top