0 Comment
Jenis alat music Tradisional dari Provinsi Kalimantan SELATAN

Jenis-Alat-Musik-Tradisional-dari-Kalimantan-Selatan

-Alat Musik Kalimantan Selatan-Postedby-BukanTrik-, Setiap Alat musik tradisional yang terdapat pada Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan masing masiag walaupun ada juga beberapa kesenian musik yang memiliki kesamaan bentuk dan cara memainkan nya karena percampuran budaya yang dibawa oleh kaum pendatang yang datang ke tempat itu dan salah satuya adalah jenis alat music yang berasal dari Kalimantan selatan

Musik tradisional Kalimantan Selatan memiliki bentuk dan ciri tersendiri. Bila dilihat dari bentuknya, musik di Kalimantan Selatan terdiri dari Vocal, Instrumental dan ragam musiknya serta kedaerahannya.

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Ibu kotanya adalah Banjarmasin. Penduduk asli Kalimantan selatan adalah suku Banjar. Budaya di Kalimantan Selatan banyak dipengaruhi oleh kepercayaan Islam yang dibawa oleh saudagar dari Arab dan Persia itu dapat terlihat dalam bentuk seni budaya, diantaranya tarian, musik, pakaian, dan upacara adat tradisional.

ada beberapa jenis Alat Musik Tradisional yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diantaranya: alat music Gamelan Banjar, Gamelan Banjar, Kalampat, Kalang Kupak, Kintung, Kurung-kurung, Kuriding, Panting, Serunai Banjar, Terbang Madihin. Berikt penjelasan lengkap mengenai macam-macam nama jenis alat music kalsel :

ALAT MUSIK Tradisional Gamelan Banjar



Gamelan Banjar merupakan jenis alat musik seni karawitan dengan peralatan musik gamelan yang berkembang di kalangan suku Banjar di Kalimantan Selatan. Gamelan Banjar yang ada di Kalsel ada 2 jenis yaitu versi keraton dan versi rakyatan.

alat musik Gamelan Banjar versi keraton merupakan alat musik yang terdiri dari perangkat instrumennya yang terdiri dari: babun, gendang dua, rebab, gambang, selentem, ketuk, dawu, sarun 1, sarun 2, sarun 3, seruling, kanung, kangsi, gong besar, gong kecil.

Gamelan Banjar versi rakyatan, perangkat instrumennya terdiri dari: babun, dawu, sarun, sarantam, kanung, kangsi, gong besar, gong kecil.

Gamelan Banjar merupakan musik pengiring tarian Klasik Banjar. Selain mengiringi tari Klasik Banjar, juga berfungsi pula sebagai musik pengiring pergelaran Wayang Kulit Banjar, Wayang Gung, kuda gipang Carita, Teater Tantayungan dan Basisingaan.

ALAT MUSIK Tradisional Kalampat



Kalampat merupakan jenis alat musik pukul, sejenis alat muysik tifa dari yang memiliki ciri Badan gendang yang terbuat dari bahan batang batung atau bambu tebal berdiamter besar. Cara memainkan alat musik Kalampat yaiut dengan cara dipukul menggunakan pemukul dari rotan. Kalampat dimainkan bersama dengan alat musik gong sebagai pengiring dalam upacara adat Bawanang (panen padi), Babalian (bahiaga atau upacara adat pengobatan yang bersifat magis) dan upacara adat lainnya pada masyarakat Suku Dayak di daerah Labuhan Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

ALAT MUSIK Tradisional Kalang Kupak



Kalang Kupak merupakan salah satu alat musik pukul yang terbuat dari bahan sejenis bambu yang tipis yakni bamboo Paring Tamiang. Alat music Kalang Kupak terdiri dari 8 ruas bambu yang masing-masing dipotong setengahnya dan meruncing di bagian ujung.

Pada Ruas-ruas bambu tersebut kemudian disatukan dengan serat rotan hingga bentuknya menyerupai calung yaitu alat musik dari Jawa Barat. Kalang Kupak berperan sebagai pembawa melodi, dimainkan bersama alat musik gong, babun , dan kecapi untuk mengiringi upacara adat Balian, yaitu upacara adat keselamatan bagi kehidupan masyarakat setempat yang dilaksanakan setiap tahun dan untuk mengiringi tarian adat, seperti tari Gintor.

ALAT MUSIK Kuriding



Kuriding atau Gurinding merupakan alat musik tradisional suku Banjar, Kalimantan Selatan. Kuriding terbuat dari bahan pelepah enau, bambu ataupun kayu dengan bentuk kecil, dan memiliki alat getar (tali) serta tali penarik. Cara memainkanya dengan cara ditempelkan di bibir sambil menarik gagang tali getar yang akan menghasilkan bunyi. Dengan ritme tertentu, bunyi yang dihasilkan akan terdengar sangat indah dan merdu.

ALAT MUSIK Tradisional Panting



Panting merupakan salah satu jenis alat music petik .alat music Panting memiliki ciri bentuk seperti gabus Arab tetapi lebih kecil dan memiliki senar. Panting dimainkan dengan cara dipetik.

Panting sebagai Musik - Musik Panting adalah musik tradisional dari suku Banjar di Kalimantan Selatan. Disebut musik Panting karena didominasi oleh alat musik yang dinamakan Panting, sejenis gambus yang memakai senar (panting) maka disebut musik Panting.

ALAT MUSIK Tradisional Serunai Banjar



Serunai Banjar merupakan jenis alat musik tiup yang mirip seruling, yang terbuat dari bahan Bambu atau kayu seperti suling terompet namun pendek, terdiri dari 4 bagian yaitu mulut, sekar bibir, badan (batang) dan corong satu sama lainya bisa dilepas dan dipasang kembali. Serunai berfungsi sebagai alat musik pertunjukan pancak silat. Di suku Bukit (Dayak) berfungsi sebagai pengiring musik upacara adat.

ALAT MUSIK Tradisional Terbang Madihin



Terbang Madihin merupakan jenis alat musik pukul yang bentuknya mirip dengan rebana. Terbang madihin terbuat dari bahan kulit kambing yang sudah dikeringkan. Kulit kambing tersebut diberi kerangka kayu dengan garis tengah ±30 cm dan bagian bawahnya berukuran ±25 cm, kayu yang dipakai yaitu bahan dari jenis kayu yang cukup liat, misalnya jenis kayu Jingah, batang pohon Nangka, batang pohon Tiwadak Banyu dan kadang-kadang juga dipakai jenis Kayu Halaban, untuk mengencangkan kulit pada kerangka dipakai rotan yang sudah diserut.

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam nama “ Jenis Alat Musik tradisional yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top