0 Comment
Alat musik kalimantan barat

Jenis-Alat-Musik-Tradisional-dari-Kalimantan-Barat

-Alat Musik Kalimantan barat-Postedby-BukanTrik-, Salah satu keuikan dari seni budaya musik yang terdapat pada jenis alat music indonesaia yaitu cara memainkan dan bahan bahan yang digunakan dalam membuat alat music tradisional.selain itu juga alat musik tradisional di indonesia di gunakan sebagai sarana pengiring lagu, pengiring tarian daerah, pengiring upacara-upacara adat, juga sebagai sarana hiburan masyarakat saat pesta panen dan acara hiburan kaum muda mudi.

Kali ini admin bukantrik ingin mengupas nama jenis alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat. Provinsi Kalimantan Barat termasuk salah satu daerah yang dapat dijuluki provinsi "Seribu Sungai". Julukan ini selaras dengan kondisi geografis yang mempunyai ratusan sungai besar dan kecil.

Kalimantan Barat memiliki beberapa jenis Alat Musik Tradisional diantaranya : Agukng / Gong,  Entebong, Keledik/Kedire, Sapek, Kangkuang, Tawaq (sejenis Kempul). Berikut penjelasan mengenai beberapa jenis alat music tradisional dari kalbar

ALAT MUSIK Tradisional Agukng / Gong



Alat music Agukng merupakan jenis alat music / instrumen perkusi yang terbuat dari logam. Instrumen ini digunakan untuk menamakan instrumen perunggu dengan pencon di tengahnya dengan berbagai ukuran. Keunikan Cara memainkannya yaitu dengan cara ditabuh dengan menggunakan stik kayu yang pada bagian ujungnya yang dililit dengan karet (ban dalam). Instrumen ini terbagai menjadi 8 buah instrumen, yaitu:
  1. Kakanong;
  2. Kampo atau Babaneh;
  3. Kanayatn;
  4. Katukekng;
  5. Katukong;
  6. Katuku’;
  7. Agukng; dan
  8. Wayakng.
Diantara delapan instrumen tersebut, kebanyakan hanya tiga jenis yang digunakan, yaitu Agukng, Katuku, dan Katukeng. Nada yang dihasilkan Agukng adalah nada 5 (sol) rendah, Katuku bernada 1 (do), dan Katukeng bernada 3 (mi). Instrumen ini merupakan instrumen kolotomis atau sebagai penyekat nada yang dimainkan pada tiap birama.

Agukng merupakan alat musik yang multifungsi baik sebagai mas kawin, sebagai dudukan simbol semangat dalam pernikahan. maupun sebagai bahan pembayaran dalam hukum adat di Kalimantan Barat.

ALAT MUSIK Tradisional Entebong



Entebong merupakan salah satu jenis alat musik Pukul sejenis Gendang yang banyak terdapat di kelompok suku Dayak Mualang di daerah Kabupaten Sekadau.

ALAT MUSIK Tradisional Keledik/Kedire/Kadire



Keledik/Kedire merupakan jenis alat musik yang terbuat dari labu dan bilah bambu yang cara memainkan nya dengan cara ditiup dan dihisap, alat musik Keledi atau organ mulut dibuat dari buah labu yang sudah tua (berumur 5-6 bulan) kemudian dikeluarkan isinya, direndam selama satu bulan, dan selanjutnya dikeringkan.

Buah labu dan batang-batang bambu disatukan dengan menggunakan perekat dari sarang kelulut (sejenis lebah hutan berukuran kecil). Alat musik ini menghasilkan nada pentatonik. keledi dimainkan untuk mengiringi nyanyian tradisional, tarian, teater tutur (berupa syair dalam nyanyian yang berisi nasihat dan petuah) serta saat upacara adat pada suku bangsa Dayak.

Sebenarnya untuk memainkan alat musik ini tidak hanya ditiup, namun sekaligus dihisap dan ditiup. Oleh masyarakat Rumpun Uut Danum alat ini juga disebut dengan nama Korondek

ALAT MUSIK Tradisional Sapek



Sapek merupakan alat musik petik tradisional dari Kapuas hulu dikalangan masyarakat Dayak Kayaan Mendalam kabupaten Kapuas hulu. Pada masyarakat Uut Danum menyebutnya Konyahpik (bentuknya) agak berbeda sedikit dengan Sapek.

ALAT MUSIK Tradisional Kangkuang



Kangkuang merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan berukir, terdapat pada masyarakat Dayak Banuaka Kapuas Hulu.

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam nama “ Jenis Alat Musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Barat” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top