0 Comment
Tari-Tarian gorontalo

Nama-Jenis-Tari-Tarian-Tradisional-yang-Berasal-Dari-Gorontalo

-Tarian Gorontalo-Postedby-BukanTrik-, Indonesia memiliki keaneka ragaman kesenian dan kebudayaan, dari setiap daerah yang ada di setiap provinsi memiliki keunikan dan perbedaan. Yang salah satunya kesenian yang terdapat di provinsi Gorontalo. Yang mana Gorontalo merupakan sebuah provinsi yang teradap di Pulau Sulawesi. Dahulu Gorontalo merupakan bagian dari Sulawesi Utara, namun karena adanya pengembangan wilayah gorontalo memisahkan diri dari Sulawasi Utara pada tahun 2001.

Gorontalo dikenal sebagai salah kota perdagangan, pendidikan, dan pusat pengembangan kebudayaan Islam di Indonesia Timur. Sejak dulu Gorontalo dikenal sebagai Kota Serambi Madinah. Hal itu disebabkan pada waktu dahulu Pemerintahan Kerajaan Gorontalo telah menerapkan syariat Islam sebagai dasar pelaksanaan hukum, baik dalam bidang pemerintahan, kemasyarakatan, maupun pengadilan.

Gorontalo memiliki berbagai macam seni tari yang menjadi ciri khas dan populer dikalangan masyarakat gorontalo berikut beberapa macam jenis nama nama seni tari yang berasal dari provinsi Gorontalo :

Tari Saronde



Tari Saronde merupakan jenis seni tari pergaulan yang bertujuan untuk mengakrabkan suasana dalam acara pertunangan. Tari pergaulan saronde pun lazimnya di pakai pada acara resmi pertunangan khas Gorontalo. Tarian saronde diangkat dari tari adat malam pertunangan pada upacara adat perkawinan daerah Gorontalo. Tarian ini dilakukan di hadapan calon mempelai wanita. Tentu penarinya adalah calon mempelai laki-laki bersama orang tua atau walinya. Ini adalah cara orang Gorontalo menjenguk atau mengintip calon pasangan hidupnya alias pengantin yang akan dipinangnya.

Tari Dana-dana



Dana-dana memiliki makna Kata yang berasal dari bahasa daerah Daya-Dayango yang berarti menggerakan seluruh anggota tubuh sambil berjalan. Jadi dana-dana berarti menggerakan anggota tubuh sambil berjalan.

Tari dana-dana merupakan jenis tarian pergaulan remaja dari provinsi gorontalo. Tarian dana dana umumnya dilakukan oleh 2 samapi 4 orang laki-laki. Tarian dana dana dimainkan dengan gerakan-gerakan yang dinamis dan lincah. Dalam tarian ini seluruh anggota tubuh harus bergerak sesuai dengan irama music. Tarian ini diiringi oleh alat music gambus dan rebana serta lagu berisi pantun yang bertema percintaan atau nasehat-nasehat yang bertemakan kehidupan remaja.

Tarian dana-dana memang menggambarkan sosok remaja yang energik dengan gairah hidup yang besar, kehidupan dunia remaja dan keakraban pergaulan remaja.Tarian ini biasanya di tari kan secara berpasang-pasangan antara remaja laki-laki dan perempuan. Akan tetapi, ketatnya ajaran Islam pada saat itu tidak mengijinkan laki-laki bisa dengan mudah menyentuh perempuan yang bukan muhrimnya sehingga tari dana-dana hanya dibawakan oleh kaum laki-laki saja.

Tari Dana-Dana memiliki dua fungsi yaitu tarian untuk penyambutan dan tarian perayaaan. Tari penyambutan biasa ditampilkan pada saat penyambutan tamu sedangkan tari perayaan sendiri ditampilkan pada saat perayaan-perayaan hari besar atau perayaan / upacara adat.

Zaman sekarang tarian tradisional dana-dana telah mengalami beberapa modifikasi seperti misalnya dikolaborasikan dengan tari cha-cha. Tari dana-dana klasik adalah tarian yang masih mempertahankan keaslian gerakan, irama music dan aspek lainnya sedangkan tari dana-dana modern adalah tarian yang sudah mengalami modifikasi atau pembaruan baik dari gerakan, musik dan aspek lainnya.

Sehingga pada saat ini tari dana-dana terbagi ke dalam dua jenis yaitu tari dana-dana klasik dan tari dana-dana modern. Akan tetapi, modifikasi yang dilakukan pada tarian ini tetap tidak bertentangan dengan nilai moral dan nilai filosofis dari tarian ini. Bagaimanapun modifikasi yang berkembang tari dana-dana harus tetap menyampaikan pesan-pesan yang positif kepada penikmatnya.

Tari Palopalo



Tarian palopalo merupakan jenis tari pergulan yang biasa ditarikan oleh para remaja Gorontalo. Tari PoloPalo terbagi 2 jenis dalam perkembangannya yaitu tari polo palo tradisional dan tari palopalo modern. Tetapi memiliki perbedaan antara kedua tarian ini

tari polo palo tradisional biasa ditarikan penari tunggal dengan permainan musik yang dimainkan secara tunggal. pemukul tidak hanya dimainkan dengan cara memukulkannya pada alat musik tetapi juga pada bagian anggota penari khususnya lutut dengan irama yang beraturan

tari polo palo modern biasa ditarikan secara berkelompok dengan iringan musik yang sudah di aransemen. pemukul hanya dipukulkan pada alat musiknya, tidak pada bagian tubuh

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam contoh “nama jenis tarian tradisional yang berasal dari gorontalo” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top