-->

Nama Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara Keterangan dan Penjelasan

Nama Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara Keterangan dan Penjelasan

Nama-Alat-Musik-Tradisional-Sulawesi-Utara-Keterangan-dan-Penjelasan

-Alat Musik Tradisional Sulut-Postedby-BukanTrik-, Musik merupakan salah satu bagian dari budaya seni hasil dari perkembangan dan peradaban dari unsur budaya yang sifatnya lebih universal. Sedangkan musik sendiri memiliki pengertian sebagai Seni atau kesenian yang dihasilkan dari perantaraan alat-alat yang dibuat sedemikian rupa dan bentuk sehingga dapat menghasilkan nada dan suara yang indah yang dapat ditangkap oleh indera pendengar (seni suara/alat musik )

Sudah bukan hal yang asing lagi bahwa di negri kita tercinta Indonesia memiliki macam-macam ragam jenis alat musik tradisional yang merupakan bagian dari sebuah budaya tradisional daerah yang sudah ada sejak zaman dahulu dan salah satunya yang ingin admin bukantrik kupas adalah jenis-jenis alat musik yang tradisional yang berasal dari provini Sulawesi utara

Provinsi Sulawesi Utara merupakan provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Provinsi sulut ini berada di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara. Sementara kepulauan Sangihe dan Talaud merupakan bagian utara dari provinsi ini merupakan berbatasan dengan Davao del Sur di negara Filipina.

Sulawesi Utara memiliki beberapa macam alat musik tradisional diantaranya , alat musik Kolintang, alat music Momongan, alat musik Salude, Berikut penjelasan dan keterangan lengkap alat musik tradisional yang breasal dari provinsi Sulawesi utara :

1. Alat Musik Kolintang



Di Indonesia Kolintang dikenal sebagai alat musik perkusi yng terbuat dari kayu yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Umumnya Kayu yang digunakan untuk membuat alat musik Kolintang adalah kayu lokal yang ringan namun kuat seperti kayu Telur (Alstonia sp),kayu Wenuang (Octomeles Sumatrana Miq),kayu Cempaka (Elmerrillia Tsiampaca),kayu Waru (Hibiscus Tiliaceus), dan sejenisnya yang mempunyai konstruksi serat paralel. Nama kolintang berasal dari suaranya: tong (nada rendah), ting (nada tinggi) dan tang (nada biasa).

2. Alat Musik Momongan / gong



Momongan merupakan alat musik tradisional yang lebih dikenal dengan nama Gong. Alat musik momongan/gong ini terbuat dari bahan perunggu yang cara memainkannya /membunyikan dengan cara dipukul. Momongan merupakan alat musik asal Tomohon di Minahasa.

3. Alat Musik Salude


Salude merupakan alat musik sejenis sitar tabung yang termasuk dalam kelompok ido-kardofon. yang Cara memainkan yaitu dengan cara dipetik serta dipukul dengan menggunakan pelepah pinang. Alat musik Salude terbuat dari seruas bambu yang dilengkapi dengan dua dawai yang diperoleh dari kulit ari bambu tersebut. Pada bagian tengah badan bambu terdapat lubang yang berfungsi sebagai resonator

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis macam-macam “Nama Alat Musik Tradisional Gorontalo keterangan dan penjelasan” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Nama Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara Keterangan dan Penjelasan"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan