-->

Nama Alat Musik Tradisional Gorontalo keterangan dan penjelasan

Nama Alat Musik Tradisional Gorontalo keterangan dan penjelasan

Nama-Alat-Musik-Tradisional-Gorontalo-keterangan-dan-penjelasan

-Alat Musik Gorontalo-Postedby-BukanTrik-, Musik salah satu bagian dari budaya seni hasil dari sebuah perkembangan dan peradaban yang terkait dengan unsur budaya yang sifatnya lebih universal. Sedangkan musik dapat diartikan sebagai sebuah Seni atau kesenian yang merupakan hasil dari perantaraan alat-alat yang dibuat sedemikian rupa dan bentuk sehingga dapat menghasilkan nada dan suara yang indah yang dapat ditangkap oleh indera pendengar (seni suara/alat music)

Indonesia memiliki banyak ragam alat –alat musik tradisional yang menjadi ciri keunikan dan keberagamaan karena indonesia termasuk negara yang terdiri dari beberapa provinsi dan suku yang ada di tiap-tiap pulau di nusantara dan alat musik menjadi salah satu bagian budaya dan bukti dari peradaban yang ada di indonesia

Kali ini admin bukantrik ingin mengupas tentang alat-alat musik tradisional yang berasal dari provinsi gorontalo. Yang mana Gorontalo merupakan sebuah provinsi di Indonesia. Yang awalnya adalah semenanjung Gorontalo (Hulontalo) dan merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Gorontalo dan Kota Madya Gorontalo di Sulawesi Utara.

Tetapi dengan Seiring waktu adanya perkembanngan maka munculnya pemekaran wilayah berkenaan dengan otonomi daerah di Era Reformasi, provinsi ini kemudian dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2000, tertanggal 22 Desember 2000 dan menjadi Provinsi ke-32 di Indonesia. Ibukota Provinsi Gorontalo adalah Kota Gorontalo (sering disebut juga Kota Hulontalo) yang terkenal dengan julukan "Kota Serambi Madinah".

seperti daerah daerah lain di indonesia gorontalo juga memiliki jenis jenis alat Alat Musik Tradisional yang hampir memiliki kemiripan dan kesaman bentuk dan nama dengan beberapa daerah di indonesia diantaranya meliputi: alat musik tradisional Marwas, alat musik tradisional Polopalo, alat musik tradisional Rebana, dan Gambus. Untuk lebih tahu penjelasan cara memainkannya dan keterangan lebih lengkapnya monggo di lihat di bawah ini

1. Alat Musik Tradisional Marwas



Marwas merupakan salah satu jenis alat musik tepuk atau yang sering disebut juga dengan perkusi. Alat musik marwas ini merupakan kolaborasi antara kesenian dari Timur Tengah dan Betawi, serta memiliki nilai dan unsur keagamaan yang sangat kental. Hal tersebut dapat tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan oleh alat tersebut yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta yaitu Alloh SWT seni marawis merupakan kesenian yang berasal dari negara timur tengah terutama dari Yaman. Nama marawis diambil dari nama salah satu alat musik yang dipergunakan dalam kesenian ini. Lagu-lagu yang berirama gambus atau padang pasir dinyanyikan sambil diiringi jenis pukulan tertentu.

2. Alat Musik Tradisional Polopalo



Polopalo merupakan alat musik tradisional khas semenanjung Gorontalo, Polopalo termasuk alat musik jenis idiofon atau golongan alat musik yang sumber bunyinya diperoleh dari alat musik itu sendiri. ketika Polopalo dimainkan dengan cara dipukul maka, bunyi yang dihasilkan merupakan proses bergetarnya seluruh tubuh Polopalo tersebut.

asal usulnya alat musik tradisonal polopalo dari Gorontalo bahwa dulunya merupakan potongan bambu yang dibunyikan untuk mengusir burung pemakan padi di sawah. Polopalo juga digunakan petani sebagai bandul kalung sapi dan digunakan kaum perempuan sebagai penggulung benang.

sedangkan Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Polopalo terbuat dari bambu, yang memiliki ciri khas keunikan bentuknya menyerupai garputala raksasa. Dan cara memainkannya adalah dengan memukulkan kebagian anggota tubuh yaitu lutut. Pada perkembangannya, alat musik Polopalo mendapatkan penyempurnaan pada beberapa hal, salah satunya adalah kini Polopalo dibuatkan sebuah pemukul dari kayu yang dilapisi karet agar mempermudah dan membantu dalam proses memainkan alat musik Polopalo. Hal ini memberi dampak selain tidak membuat sakit bagian anggota tubuh yang dipukul, juga membuat Polopalo tersebut berbunyi lebih nyaring.

pada Perkembangan lainnya alat musik Polopalo di kembangkan dari awalnya 2 (nada) menjadi lebih, maka setelah dikembangkan jenis organologinya sehingga menghasilkan beberapa buah alat musik Polopalo dalam bentuk dan nada yang berbeda. Setelah itu Polopalo yang telah menjadi beberapa buah nada tersebut, dimainkan oleh beberapa orang dengan menyesuaikan komposisi yang telah dibuat. Secara otomatis musik Polopalo sudah bisa menghasilkan tangga nada yang bisa kita komposisikan menjadi suatu karya musik (seperti layaknya kelompok musik angklung dari jawabarat).

3. Alat Musik Tradisional Rebana



Rebana merupakan jenis alat musik pukul seperti alat musik gendang yang memiliki ciri khas berbentuk bundar dan pipih . Bingkai berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura sering memakai rebana bersama gambus digunakan untuk mengiringi tarian zapin. Rebana juga digunakan untuk melantunkan kasidah dan hadroh. Di bumiayu, rebana juga dijadikan sebagai lambang kota tersebut.

Rebana digunakan oleh para leluhur sejak dahulu sebelum masuknya Islam di Gorontalo dan sebagiannya lagi setelah masuknya Islam di Gorontalo, pada masa Sultan Amai (1425) dan juga digunakan oleh rakyat Gorontalo untuk mengiringi tarian dan ritual upacara adat lainnya. 

4. Alat Musik Gambusi / Gambus



Gambus adalah alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang.

Demikian penjelasan lengkap mengenai nama macam-macam “Nama Alat Musik Tradisional Gorontalo keterangan dan penjelasan” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Nama Alat Musik Tradisional Gorontalo keterangan dan penjelasan"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan