-->

Senjata Tradisional Sulawesi Tenggara Nama Jenis Penjelasan dan Keterangan

Senjata Tradisional Sulawesi Tenggara Nama Jenis Penjelasan dan Keterangan

Senjata-Tradisional-Sulawesi-Tenggara-Nama-Jenis-Penjelasan-dan-Keterangan

-Senjata Tradisional Sulawesi tenggara-Postedby-BukanTrik-, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu wilayah di Indonesia ynag juga memiliki sejarah dan benda benda pusaka yang pada zaman dahulu di gunakan oleh kerajaan sultan buton dalam melawan dan melakukan perlawan terhadap belanda yang ingin menjajah dan menguasai tanah Sulawesi tenggara adapun pusaka dan senjata tradisional yang di gunkan oleh sultan buton terdiri dari keris dan pedang yang merupakan senjata jarak dekat selain itu juga ada senjata tombak lebing dan sumpitan yang di gunkan untuk perang jarak jauh

Senjata memiliki ragam manfaat dan fungsi yang secara umum di gunakan untuk membela diri dan mempertahan diri dari serangan musuh, maupun sebagai senjata dan peralatan adat tradisional untuk bercocok tanam, berburu serta mengambil hasil hutan atau pertanian. Berikut keterangan dan penjelasan senjata adat tradisional yang di miliki oleh provinsi Sulawesi tenggara

1. Senjata tradisional pedang dari Sulawesi tenggara



Senjata pedang merupakan salah satu jenis senjata adat tradisional jarak dekat yang memiliki kemapuhan ketika pedang di cabut dari serangkanya. umumnya senjata adat Pedang terbuat dari besi tulang, kuningan, dan perak.

2. Senjata tradisional Keris Pusaka Emas Aru Palaka dari Sulawesi tenggara



Keris adalah senjata adat tradisional khas nusantara Indonesia yang memilii ciri khas bentuknya yang berlekuk lekuk . senjata Keris merupakan senjata tradisional yang sudah digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala. Senjata tradisional ini dipergunakan oleh prajurit maupun rakyat kerajaan guna mempertahankan keutuhan kerajaan tersebut

Keris pusakan emas aru palaka Merupakan senjata yang digunakan oleh sultan dan raja untuk berperang dengan jarak dekat, senjata keris ini hanya dimiliki oleh salah satu para pembesar dimasa pemerintahan Raja Liya atau Lakina Liya yang berkuasa yang bertugas mengamankan dan mengatur semua hasil tanaman rakyat atau tanaman sara yang berada diwilayah pesisir pantai.

3. Senjata tradisional Tombak Meantu’u Tiworo Liya



Senjata tombak Merupakan senjata yang digunakan untuk berperang jarak jauh yang mana tombak dibuat dari besi dan dipasang atau diikat dengan anyaman rotan memiliki tangkai dari bamboo atau kayu keras sebagai pegangan. Selain untu perang jarak jauh Fungsi tombak juga biasanya digunakan berburu binatang. Senjata tombak, yang dimiliki salah satu pembesar dimasa pemerintahan Raja Liya atau Lakina Liya berkuasa yang bertugas mengamankan dan mengatur semua hasil tanaman rakyat atau tanaman sara yang berada diwilayah pesisir pantai.

4. Senjata tradisional Parang Taawu (Pade Taawu)


Senjata-tradisional-Parang-Taawu-Pade-Taawu

Parang Taawu sendiri dahulu merupakan pusaka bertuah masyarakat suku Mekongga yang mendiami wilayah kabupaten Kolaka. Pade Taawu atau Parang Taawu pada zaman dahulu dipergunakan oleh raja-raja atau Tamalaki (Panglima Perang) pada waktu peperangan. Akan tetapi pada masa kini, parang taawu biasa gunakan sebagai alat bantu untuk mata pencaharian petani, seperti merentes kebun yang sudah banyak ditumbuhi rumput alang-alang atau juga memotong kayu-kayu.

Senjata adat Peda taawu memiliki ciri khas bentuknya pendek dengan ukurun 50 cm, terbuat dari besi. Hulunya terbuat dari kayu yang keras dan ujungnya bercabang dua.

5. Senjata tradisional sumpitan



Senjata sumpit termasuk salah satu jenis senjata jarak jauh yang sangat mematikan yang sering di pakai untuk berburu hewan di hutan yang dikenal dengan Nama sipet atau dalam bahasa sehari-hari disebut Sumpit. Senjata ini berbentuk panjang dengan lubang di tengahnya. Seperti senapan, Sumpit ini dipakai untuk menembakkan jarum-jarum.Tenaga pelontar Sumpit memang hanya dari hembusan napas. Meskipun demikian jangan sekali-kali diremehkan karena kecepatan jarum pelurunya bisa menyamai senapan. Belum lagi jarum-jarum itu dibubuhi racun ganas yang membuat korbannya bakal tak bernapas dalam waktu yang relatif cepat.

Semoga artikel nama jenis senjata tradisional yang di gunakan oleh masyarakat adat dari provinsi Sulawesi tenggara dapat bermanfaat dan memberi pengetahuan tentang kebudayaan dan adat tradisi provinsi Sulawesi tenggara


0 Response to "Senjata Tradisional Sulawesi Tenggara Nama Jenis Penjelasan dan Keterangan"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan