0 Comment

Nama-Alat-Musik-Tradisional-Riau-dan-Kepulauan-Riau-melayu

-Nama Alat musik Tradisional dari riau-Postedby-BukanTrik-, musik tradisional yang ada di indonesia sebagian besar dipengaruhi oleh unsur-unsur kebudayaan Arab dan Barat. Yang di bawa oleh para saudagar dan pedagang yang datang ke tanah nusantara dan kemudian berkembang menjadi alat music tradisional Indonesia ada beberapa alat music dari budaya arab yang kental dengan nuansa islami yang sangat popular dan sering di gunakan di beberapa daerah yang mayoritas penduduknya beragama islam

provinsi riau termasuk salah satu daerah di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragam islam yang mana Musik Melayu Kepulauan Riau, adalah musik yang berkembang di masyarakat melayu Kepulauan Riau mencakup Musik Melayu dalam bentuk Langgam atau Senandung, Musik Joget, Musik Zapin, Musik Silat, Musik Inang, Musik Ghazal,

musik tradisional daerah yang terdapat di Indonesia umumnya di gunakan untuk mengiringi seni tari-tarian daerah juga sebagai pengiring upacara upacara adat setempat yang memiliki nilai kesakralannya, setiap alat music tradisional memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri dilihat dari bentuk maupun dari cara memainkannya serta dari bahan yang di pakai untuk membuat alat music

berikut adalah Alat Musik Tradisional daerah yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang terdiri dari: Dambus, Bebano, Gambang Camar, Gambus, Gedombak, Gendang Nobat, Gendang Panjang, Gendang Silat, Genggong, Gong, Kompang, Kordeon, Marwas,, Nafiri, Rebana. Keterangan dan penjelasan lengkapnya silahkan simak di bawah ini:


1. Alat Musik Gambang Camar



Gambang Camar merupakan alat musik yang terbuat dari kayu dan logam. Gambang Camar termasuk jenis alat musik silofon, yang terdiri dari enam bilah kayu hitam yang ditempatkan pada rak bersayap. Gambang Camar dimainkan saat peringatan hari besar Islam dan acara hiburan sehari-hari.

2. Alat Musik Gambus



Gambus merupakan jenis alat musik tradisional petik yang mirip mandolin. Senar pada gambus berjumlah antara 3 sampai 12 senar. Gambus biasanya digunakan untuk mengiringi senandung lagu-lagu berirama timur tengah. Bahkan tidak jarang yang menggunakan bahasa Arab ketika bernyayi dengan diiringi alat musik gambus dan gendang.

Gambus Melayu Riau merupakan adopsi dari Gambus al’ Ud, semula berfungsi sebagai sarana hiburan yang lebih religius dimainkan individu dirumah atau hiburan bagi nelayan di atas perahu. Perubahan fungsi telah menggeser lagu yang bernuansa Islami menjadi lagu-lagu yang lebih sekuler.

3. Alat Musik Gendang Nobat



Gendang Nobat merupakan seperangkat alat musik melayu yang di mainkan dengan cara di pukul yang terbuat dari kayu, kulit binatang dan rotan seperti umumnya gendang.tetapi Gendang Nobat di mainkan dengan beberapa alat music lainya .Kata nobat berasal dari bahasa Persia yaitu "nau" yang berarti sembilan dah "bat" yang berarti alat musik.

Alat music tradisional ini terdiri dari gendang negara, nafiri, serunai, dua gendang nobat, dua kopok-kopok, dan gong maha guru. Alat musik tersebut dianggap sakral dan lagu-lagunya tidak boleh dimainkan sembarangan, bahkan alat musik ini tidak boleh dilangkahi. Para pemain gendang nobat berasal dari keluarga kerajaan atau keluarga yang telah ditunjuk.

4. Alat Musik Gong



Gong merupakan jenis alat musik pukul, instrumen alat music (waditra) terbuat dari bahan perunggu atau logam lain, yang memiliki ciri khas bentuk bundar dan besar seperti kuali. Sebagai waditra berpenclon yang sangat besar, gong mempunyai garis tengah 69 cm s/d 105 cm. Di atas mistranya diberi variasi ular naga yang dibuat dari kayu yang di ukur.

5. Alat Musik Kompang



Kompang merupakan salah satu alat musik Melayu yang paling populer.yang terbuat dari kayu dan Kulit biasanya dibuat dari kulit kambing betina, namun ada juga yang dibuat dari kulit lembu dan kerbau.

alat musik Kompang sering dimainkan dalam berbagai acara-acara sosial seperti pawai hari kemerdekaan. Selain itu alat musik ini juga digunakan untuk mengiringi lagu gambus. Kompang memiliki kemiripan dengan rebana tetapi tanpa cakram logam gemerincing di sekelilingnya.

6. Alat Musik Kordeon



Kordeon merupakan salah satu alat musik yang lazimnya dimainkan dengan cara dipompa dan digendong. untuk memainkan jenis alat musik satu ini aga sedikit sulit. Namun suara yang dihasilkan begitu merdu.

7. Alat Musik Marwas



Marwas merupakan alat music sejenis gendang yang berukuran lebih kecil dari gendang biasa, dan umumnya marwas terbuat dari kulit kambing, kayu cempedak dan rotan. Marwas termasuk salah satu alat music yang digunkan untuk mengiringi tarian musik zapin. Dalam tataran musik zapin, marwas berfungsi menjaga kestabilan intro dan melahirkan harmoni musikal. Alat musik ini dapat juga berfungsi sebagai ketukan atau mat.

8. Alat Musik Nafiri



Nafiri merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Riau yang bentuknya mirip dengan alat music terompet. Nafiri termasuk jenis alat musik tiup yang dibuat dari bahan perak dengan ukuran panjang 32 inci atau 33 cm. Pada zaman kerajaan-kerajaan dahulu, alat music nafir sering digunakan pada acara penobatan raja selain sebagai alat musik di istana.

9. Alat Musik Rebana



Rebana merupakan alat music sejenis gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Dengan ciri khas Bingkai berbentuk lingkaran yang terbuat dari kayu dengan menggunankan mesiin bubut, yang kemudian salah satu sisi dilapis kulit kambing. Rebana biasanya digunakan untuk mengiringi tarian zaplin selain itu juga digunakan untuk megiringi lantunan kasidah dan hadroh

10. Alat musik Bebano



Bebano merupkan jenis alat musik perkusi yang sering di tampilkan untuk mengiringi tradisi Bukoba (koba) yaitu tradisi lisan yang biasa didendangkan pada saat perhelatan seperti pada upacar pernikahan

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam-macam jenis “Nama Alat Musik Tradisional Riau dan Kepulauan Riau melayu” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top