-->

Nama Alat Musik Tradisional Provinsi Bali penjelasan dan keterangan

Nama Alat musiK tradisional dari provinsi Bali

Nama-Alat-Musik-Tradisional-Provinsi-Bali-penjelasan-dan-keterangan

-Alat Musik Bali-Postedby-BukanTrik-, Musik menjadi salah satu bagian dari sebuah Kesenian yang merupakan hasil dari perkembangan dari unsur budaya yang bersifat lebih universal. Sedangkan musik sendiri memiliki pengertian yaitu Seni atau kesenian yang dihasilkan dari perantaraan alat-alat yang dibuat sedemikian rupa dan bentuk sehingga dapat menghasilkan nada dan suara yang indah yang dapat ditangkap oleh indera pendengar (seni suara/alat musik )

Sudah bukan hal yang rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki macam-macam jenis alat musik tradisional yang merupakan bagian dari sebuah budaya tradisional daerah yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan salah satunya yang ingin admin bukantrik kupas adalah jenis-jenis alat musik yang tradisional yang berasal dari provini bali

Pulau bali atau pulau dewata sudah sangat dikenal oleh mata dunia sebagai pulau yang memiliki keindahan alam dan keunikan adat istiadat dan ragam jenis budaya yang sangat familiar dan terkenal hingga ke manca Negara

Berbicara Musik tradisional Bali ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan alat musik tradisional di ada sebagian daerah lainnya di Indonesia, sebagai contoh alat musik gamelan dan berbagai alat musik tabuh lainnya. Meskipun demikian, terdapat kekhasan dalam teknik memainkan dan gubahannya, misalnya dalam bentuk kecak, yaitu sebentuk nyanyian yang konon menirukan suara kera.

Provinsi bali juga memiliki beberapa macam jenis gamelan yang cara memainkan nya pun memiliki keunikan, misalnya gamelan jegog, gamelan gong gede, gamelan gambang, gamelan selunding dan gamelan Semar Pegulingan. Ada pula musik Angklung yang dimainkan pada upacara ngaben khas bali serta jenis musik Bebonangan dimainkan dalam berbagai upacara lainnya.

pada Umumnya seni (kesenian) musik khas Bali merupakan kombinasi dari berbagai macam jenis alat musik perkusi metal (metalofon), gong dan perkusi kayu (xilofon). Berikut jenis jenis Alat Musik Tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat bali adalah alat musik Ceng-Ceng, alat musik Genggong, alat musik Pereret, alat musik Rindik, alat musik Gamelan Bali. Untuk mengetahui lebih jelas silahkan simak penjelasan dan keterngan lengkap mengenai ragam jenis alat musik tradisional yang berasal dari provinsi Bali beserta Gambarnya

1. Alat Musik Ceng-Ceng



Ceng ceng merupakan jenis alat musik yang terdiri dari 2 buah keping simbal yang terbuat dari bahan logam, yang memiliki keunikan cara memainkannya yaitu dengan cara dibenturkan satu sama lain, seperti tangan yang bertepuk tangan. Keping simbal tersebut diletakkan di kedua belah telapak tangan kanan dan kiri. alat musik ceng-ceng ini biasanya digunakan oleh masyarakar bali sebagai pengiring sebuah Upacara yang cukup besar yang disebut dengan Upacara Gerebek Aksara.

2. Alat Musik Rindik



Rindik merupakan salah satu jenis alat musik tradisional khas Bali yang terbuat dari bahan bambu yang bernada selendro dan ciri khas memainkan yaitu dengan cara dipukul. Alat musik rindik biasa dimainkan oleh 2-5 orang pemain, di mana 2 orang menabuh Rindik dan sisanya untuk seruling dan gong pulu. Terdapat lima nada dasar yang dimiliki oleh Rindik. Pada awalnya rindik hanya dibuat sebagai alat sebagai sarana hiburan bagi para petani yang ada disawah.

Rindik juga biasa digunakan sebagai musik pengiring hiburan rakyat seperti seni tari Joged Bumbung, Namun, seiring dengan perkembangan zaman, alat musik Rindik sudah lebih fleksibel dalam pemakaiannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai pelengkap untuk acara pernikahan/resepsi serta dapat pula untuk menyambut tamu.

3. Alat Musik Genggong



Genggong merupakan salah satu jenis instrumen tiup getar yang memiliki keunikan yang sudah jarang dikenal orang. Musik Genggong terbuat dari pelepah daun aren yang diikat dengan Tali. Suara alat musik genggong terbilang cukup unik dan menarik seperti suara katak yang bersahutan. Suara tinggi disebut geng, dan suara rendah disebut gong.

Cara membunyikannya adalah dengan cara mengulum (yanggem) pada bagian yang disebut “palayah”nya. Jari tangan kiri memegang ujung alat sebelah kiri dan tangan kanan menggenggam tangkai bambu kecil yang dihubungkan dengan tali benang dengan ujung alat di sebelah kanan. Untuk membunyikannya maka benang itu ditarik-tarik ke samping kanan agak menyudut ke depan, tetapi tidak meniupnya. Rongga mulut hanya sebagai resonator, dibesarkan atau dikecilkan sesuai dengan rendah atau tinggi nada yang diinginkan.

4. Alat Musik Pereret



Pereret adalah alat musik tradisional yang sangat kuno yang berasal dari daerah Bali.alat musik pereret merupakan sejenis alat musik trompet yang terbuat dari bahan kayu. Alat musik pereret banyak dibuat di daerah Jembrana, Bali. Biasanya alat musik pereret digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati. Cara memainkannya adalah dengan cara meniup bagian yang runcing.

5. Alat Musik Gamelan Bali



Gamelan Bali merupakan alat musik sejenis dengan Gamelan jawa. Perbedaan Gamelan bali dengan gamelan jawa yaitu dilihat dari bentuk wilah (bilah pada saron) lebih tebal, bentuk pencon (bentuk gamelan seperti bonang) lebih banyak daripada wilah, ritme lebih cepat.dan perbedaan Gamelan dalam cara memainkannya, gamelan bali disebut juga dengan rincikan dan beberapa macam nama-nama gamelan khas Bali diantaranya Jiyèng, Gangsé, Jigog, Jublak, Gong, Kenong, Kethuk, Cèng-cèng(Kecrak), Kendhang, Gendèr, Suling

Demikian penjelasan lengkap mengenai nama macam-macam “Nama Alat Musik Tradisional Provinsi Bali penjelasan dan keterangan” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


0 Response to "Nama Alat Musik Tradisional Provinsi Bali penjelasan dan keterangan"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan