Senjata Tradisional Lampung (Nama, Jenis dan penjelasan gambar lengkap )

Senjata Tradisional Lampung (Nama, Jenis dan penjelasan gambar lengkap )

Senjata-Tradisional-Lampung-Nama-Jenis-dan-penjelasan-gambar-lengkap

-Senjata Tradisional Lampung-Postedby-BukanTrik-, Senjata umumnya identik dengan nilai-nilai simbol kejantanan dan keperkasaan bagi seorang lelaki.di Negara Indonesia tercinta senjata di masing-masing daerah memiliki beberapa kemiripan dan kesamaan dilihat dari nama, jenis serta bentuk dari senjata itu sendiri. Mungkin karena senjata pada zaman kerajaan dulu di gunakan oleh para kesatria dan para abdi kerajaan

Lampung termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beberapa ragam jenis senjata tradisional yang memiliki kesamaan nama jenis tradisional diantaranya adalah senjata tradisional Badik dimana senjata tradisional badik terdapat kemiripan antara badik Sulawesi Selatan dan badik Lampung, yaitu yang terlihat dari gagangnya yang bengkok, bilah yang asimetris dan meruncing, serta memiliki hiasan pamor atau bercak pada bilah (mata pisau) akibat percampuran bahan logam yang digunakannya.

Menurut ukurannya, Badik Lampung bisa digolongkan ke dalam dua jenis , yakni badik kecil dan Siwokh.

Badik kecil umumnya memiliki bilah yang berukuran tidak lebih dari 11 cm, dengan lebar sekitar 2 cm. Sedangkan Siwokh, panjang mata pisaunya lebih dari 19 cm, dan lebarnya lebih dari 2 cm. Berdasarkan karakteristik bilahnya, yakni berlubang atau tidak berlubang, badik badik kecil maupun Siwokh memiliki istilah tersendiri, yakni Badik/Siwokh Bebai (perempuan) untuk yang berlubang, dan Badik/Siwokh Ragah (laki-laki) untuk yang tidak berlubang.

Senjata bisa menjadi pekarang ampuh bagi para pemegangnya , karena para pemegang senjata akan membuat senjata dengan menambahkan aura mistis maupun dengan menambahkan ramuan bisa (racun) sehingga pada zaman dahulu senjata bisa menjadi barang yang berharga dengan di jaga dan di rawat serta dipusti-pusti.

Begitu pun dengan senjata badik,dimana badik tua/lama diyakini memiliki kualitas yang lebih baik di banding dengan senjata badk yang di buat zaman sekarang. Salah satu indikator untuk mengujinya, yakni dengan cara menyentil ujung badik, di mana badik tua akan terdengar lebih nyaring dibandingkan dengan badik produksi masa kini. Badik tua juga diyakini mengandung warangan (bisa), yang membuat luka akibat goresannya akan sulit disembuhkan. Tidak hanya pada manusia, konon pohon pun jika terkena goresan badik tua yang mengandung warangan akan mengering dan mati.

Senjata tradisional Badik Lampung memiliki pamor : Seperti halnya keris, Badik juga umumnya dihiasi dengan pamor atau motif bercak pada bilah akibat percampuran logam dan teknik pembakaran serta proses penempaan. Seorang pandai badik dituntut untuk menguasai teknik-teknik pembuatan hiasan pamor tersebut, karena pamor merupakan salah satu unsur penting dalam badik, yang memuat, baik nilai artistik maupun spiritual. Beberapa pola pamor dalam Badik Lampung yang sering disebut “bayang” adalah bayang capit, bayang sai, bayang pekhancang, pebayang khancang, khancang, laman tundun, khancang batu, khancang seribu, dan singa dawan.

Semoga artikel tentang senjata tradisional lampung bisa menjadi salah satu khasanah budaya nusantara yang dapat di lestarikan dan di jaga oleh para generasi zaman now

0 Response to "Senjata Tradisional Lampung (Nama, Jenis dan penjelasan gambar lengkap )"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan dan maaf bila anda berkomentar yang mengandung unsur SARA ,PORNOGRAFI serta KEBENCIAN tidak akan kami publikasikan terima kasih untuk kunjungannya dan masukan komentar nya SALAM SANTUN