-->

Senjata Tradisional Bengkulu Nama Jenis dan Penjelasan Lengkap Gambar

Senjata Tradisional Bengkulu Nama Jenis dan Penjelasan Lengkap Gambar

Senjata-Tradisional-Bengkulu-Nama-Jenis-dan-Penjelasan-Lengkap-Gambar

-Senjata Tradisional Bengkulu-Postedby-BukanTrik-,  Senjata atau perkarang secara umum berfungi sebagai alat pertahanan, juga dapat di gunakan sebagai perkakas untuk di gunakan di ladang (bercocok tanam) juga sebagai symbol keperkasaan, kejantanan dan kedigjayaan bagi kaum lelaki atau para pemilik senjata pusaka, sehingga senjata yang dianggap pusaka diperlakukan secara khusus oleh pemilik maupun keturunannya.

Setiap senjata memiliki Ornamen yang sangat erat kaitannya dengan religi dan kepercayaan yang berkembang pada masyarakat setempat. begitupun senjata tradisional yang berasal dari provinsi Bengkulu pada umumnya dibuat dengan pandai besi dengan menggunakan teknologi yang diwarisi secara turun-temurun. Berikut penjelasan dari ragam jenis Senjata tradisional yang berasal dari Bengkulu :

1. Senjata Tradisional Keris dari bengkulu


Senjata-Tradisional-Keris-dari-bengkulu

Keris yang terdapat di Museum Negeri Bengkulu terbuat dari besi, tekniknya ditempa, berwarna kuning atau coklat. Terdapat ornamen naga di badan keris tersebut.

2. Senjata Tradisional Rambai Ajam dari kepulauan riau


Senjata-Tradisional-Rambai-Ajam-kepulauan-riau

Terbuat dari besi dan kayu. Senjata sejenis Badik atau Sewar, digunakan sebagai alat perang atau pertahanan diri.

3. Senjata Tradisional Sewar dari bengkulu


Senjata-Tradisional-Sewar-dari-provinsi-bengkulu

Terbuat dari besi, kayu, kulit Penyu dan gading, mempunyai sisi tajam sebelah dengan bentuk meruncing ke arah ujung, dan agak membungkuk ke arah mata. Sedangkan hulunya membungkuk sesuai dengan bungkuk bilah. Fungsinya untuk menyerang lawan dan untuk bertahan dari serangan lawan.

4. Senjata Tradisional Tameng dari bengkulu


Senjata-Tradisional-Tameng-dari-bengkulu

Tameng terbuat dari rotan, bentuk bundar, dengan teknik jalin. Digunakan sebagai alat untuk menangkis serangan senjata tajam bagi laki-laki dewasa. Tameng ini ditemukan di kelurahan Nusa Indah kota Bengkulu beberapa puluh tahun yang lalu.

5. Senjata Tradisional Pedang dari bengkulu


Senjata-Tradisional-Pedang-dari-bengkulu

Pedang terbuat dari besi tulang, kuningan, dan perak. Teknik pembuatannya secara ditempah dengan dekorasi ukir, dan ornamen stilasi daun. Pedang digunakan sebagai senjata bela diri, ditemukan di Bengkulu Utara.

6. Senjata Tradisional Dohong bengkulu


Senjata-Tradisional-Dohong-dari-provinsi bengkulu

Dohong Terbuat dari besi, kayu, perak dan kuningan. Senjata ini dipakai oleh penganten pria sebagai perlengkapan pakaian pernikahan adat.

Semoga artikel tentang senjata tradisional bengkulu bisa menjadi salah satu khasanah budaya nusantara yang dapat di lestarikan dan di jaga oleh para generasi zaman now


0 Response to "Senjata Tradisional Bengkulu Nama Jenis dan Penjelasan Lengkap Gambar"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan