-->

Nama Pakaian Tradisional Adat Papua dan Papua Barat (keterangan dan penjelasan)

Nama Pakaian Tradisional Adat Papua dan Papua Barat (keterangan dan penjelasan)

Nama-Pakaian-Tradisional-Adat-Papua-dan-Papua-Barat-keterangan-dan-penjelasan

-Pakaian Adat Papua-Postedby-BukanTrik-, Sudah tidak asing lagi ketika kita ditanya mengenai pakaian yang di pakai oleh masyarakat papua yang mungkin tergambar oleh kebanyakan orang Indonesia pasti akan menjawab dengan koteka, sebenarnya itu jawaban tidak salah karena kita mungkin sering lihat di tv atau media social kebanyakan masyarakat papua jarang memakai pakaian luar seperti pada umumnya. Tetapi hanya memakai pakaian yang menutup bagain tertentu saja ini jenis pakaian yang di pakai oleh kaum laki-laki papua

ukuran dan bentuk koteka tidak berkaitan dengan status yang memakai koteka tersebut. Ukuran biasanya berkaitan dengan aktivitas si pengguna koteka tersebut, seperti hendak bekerja atau upacara adat. Banyak juga suku-suku di Papua dapat dikenali dengan cara mereka menggunakan koteka.

Koteka yang ukurannya pendek biasanya digunakan untuk bekerja, sedangkan yang ukurannya panjang digunakan dengan berbagai hiasan-hiasan yang digunakan ketika upacara adat Akan tetapi setiap suku di Papua mempunyai perbedaan bentuk koteka yang mereka kenakan. Seperti suku Yali mereka memakai konteka dengan bentuk labu yang panjang. Sedangkan suku Tiom biasanya memakai dua labu. Di wilayah pegunungan, seperti Wamena, koteka masih lumrah dipakai.

Papua dan Papua Barat merupakan 2 provinsi yang letaknya di ujung timur Indonesia. Kedua provinsi ini memiliki kebudayaan yang berbeda dari provinsi-provinsi lainnya yang terletak di Indonesia. Sebenarnya mereka memiliki nama untuk pakaian yang biasa mereka pakai yaitu bernama holim

Holim sendiri merupakan sebuah nama pakaian adat papua yang berasal dari Suku Dani di Papua. Pakaian adat ini dikenakan oleh sehari-hari oleh para lelaki untuk melakukan berbagai aktivitas. Beragam aktivitas yang mereka kerjakan seperti berladang, beternak babi, atau upacara adat. Holim atau horim yang biasa mereka kenakan terbuat dari kulit labu air (lagenaria siceraria) yang telah dikeringkan. Isi dan biji labu tua dikeluarkan dan kemudian dijemur di bawah terik matahari.

Kalau pakaian adat tradisional untuk laki laki di sebut sedangkan baju adat untuk perempuan Papua disebut yokel dan Sali dimana Yokal merupakan nama sebuah pakaian adat yang berasal dari Papua dan Papua Barat yang khusus diperuntukkan bagi kaum perempuan Papua yang telah berkeluarga. Pakaian ini fungsi utamanya yaitu sebagai penutup badan.

Nama lain pakaian ini adalah Sali.Meski pakaian adat papua yang satu ini sebagai penutup badan atau pakaian bagi perempuan di pegunungan, akan tetapi sebutan kedua nama ini tidak sembarang ditujukan kepada seluruh perempuan di pegunungan. Jadi ketika menyebut nama pakaian ini ada perbedaannya.

Perbedaan yang terdapat pada pakaian Yokal dan Sali yaitu pakaian adat yokal diperuntukkan khusus bagi kaum perempuan Papua yang sudah mempunyai keluarga. Sedangkan Sali digunakan untuk para perempuan Papua yang masih berstatus lajang atau gadis.

Pakaian adat Yokal berwarna yang lumayan mencolok, yaitu warna coklat tanah agak kemerahan. Sedangkan pakaian adat Papua Sali hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu warna cokelat khas yang terbuat dari kulit pohon.

Untuk bentuk kedua pakaian ini, bentuknya yaitu melingkar memanjang dan digulung secara rapi membentuk horizontal dan telah dianyam sedemikian rupa sehingga menghasilkan kain-kain yang mempunyai tekstur yang halu


0 Response to "Nama Pakaian Tradisional Adat Papua dan Papua Barat (keterangan dan penjelasan)"

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan