Nama Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Barat pria wanita

Nama Pakaian Adat Tradisional Kalimantan Barat pria wanita

Nama-Pakaian-Adat-Tradisional-Kalimantan-Barat-pria-wanita

-Pakaian Adat Kalimantan Barat-Postedby-BukanTrik-, Makna dasar baju adalah alat untuk menutup aurat serta melindungi tubuh kita dari cuaca baik dingin maupun panas. Tapi di balik fungsi dasar itu. Pakaian adat memiliki nilai makna penting dalam mempresentasikan warisan, sejarah dan kemajuan masyarakat dalam sebuah fase peradaban tertentu.salah satunya yang akan di kupas di blog bukan trik adalah pakaian adat suku dayak Kalimantan barat

Baju adat suatu daerah biasanya diidentikkan dengan etnis (suku ) mayoritas yang terdapat di daerah tersebut. di Kalimantan barat etnis mayoritas yang mendiami yaitu suku dayak dan suku melayu. Kedua etnis (suku ) inilah yang kerap di identikkan dengan kebudayaan Kalimantan barat. Adapun pakaian adat di Kalimantan barat ialah:

a. Pakaian Adat Dayak Kalimantan barat


  1. Pakaian Adat dayak untuk laki-laki


  2. Baju adat Kalimantan Barat untuk pria bernama King Baba. Adapun artinya dalam bahasa dayak, King berarti pakaian dan Baba berarti laki-laki. Baju ini terbuat dari bahan kulit kayu tanaman ampuro atau kayu kapuo. Jenis kayu tersebut adalah tumbuhan endemik Kalimantan yang mempunyai kandungan serat tinggi.

    Dalam pembuatan King Baba, kulit kayu ampuro dipukul-pukul menggunakan palu bulat di dalam air, hingga hanya tertinggal seratnya. Sesudah lentur, kulit tersebut kemudian dijemur dan dihias dengan lukisan-lukisan etnik khas Dayak menggunakan bahan pewarna alami. Olahan kulit kayu tadi dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai rompi tanpa lengan dan sebuah celana panjang.

    Selain itu, serat kulit kayu tersebut juga dibuat menjadi semacam ikat kepala. Pada ikat kepala tersebut biasanya diselipkan bulu burung enggang gading. Sebagai tambahan, senjata tradisional berupa Mandau juga dikenakan. Pakaian ini juga merupakan pakaian perang suku dayak.

  3. Pakaian Adat dayak untuk Perempuan


  4. Pakaian adat Kalimantan Barat untuk para perempuan bernama King Bibinge. Dibuat dari bahan . kulit kayu tanaman ampuro atau kayu kapuo dan cara pembuatan sama dengan pakiaan adat pria King Baba . Akan tetapi, desainnya lebih sopan dengan perlengkapan yang menutup dada, stagen, kain bawahan, dan berbagai pernik lain seperti hiasan bulu burung enggang, manik-manik, kalung, dan gelang.

b. Pakaian Adat Melayu Kalimantan Barat


  1. Pakaian Adat Melayu untuk Laki-Laki di Kalimantan Barat


  2. Baju Telok Belanga Telok belanga adalah pakaian khas melayu khusus untuk laki-laki. Pakaian ini biasa digunakan dalam berbagai macam acara resmi seperti pernikahan dan upacara adat lainnya. Pakaian ini terdiri dari baju dalaman yang berbahan satin berwarna kuning emas. Warna kuning emas merupakan warna kerajaan melayu. Kemudaian dipadukan dengan celana panjang dan sarung atau kain corak ingsang yang dililitkan dipinggang hingga lutut. Selain itu sebagai pelengkap, biasanya pemakain mengenakan songkok berwarna hitam.

  3. Pakaian Adat Melayu untuk Perempuan di Kalimantan Barat


  4. Baju adat melayu untuk perempuan bernama Baju Kurong yang berarti kurung. Terdiri dari baju terusan polos yang panjangnya hanya sebatas lutut. Dengan kerah berbentuk bulat dan resleting di bagian belakang. Untuk bawahan, biasanya menggunakan kain khas corak ingsang atau rok. Pakaian ini juga biasa dikenakan saat upacara-upacara adat dan acara formal.

Baju (pakaian) adat merupakan cerminan kebudayaan negeri yang saat ini keberadaanya sudah mulai tergersu oleh zaman. Oleh karena Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus selalu berupaya untul melestarikan dan mempertahankan kekayaan budaya negeri kita yang tercinta ini

Share This
Previous Post
Next Post

bukantrik adalah blog yang berisi tentang sejarah bangsa indonesia, tentang aneka budaya nusantara yang terdiri darik seni tari, jenis alat musik dan adat tradisional daaerah di indonesia

0 komentar:

silahkan berkomentar dengan sopan dan maaf bila anda berkomentar yang mengandung unsur SARA ,PORNOGRAFI serta KEBENCIAN tidak akan kami publikasikan terima kasih untuk kunjungannya dan masukan komentar nya SALAM SANTUN