0 Comment
Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara Pria dan wanita (penjelasan lengkap)

Nama-Pakaian-Adat-Kalimantan-Utara-Pria-dan-wanita-penjelasan-lengkap

-Pakaian Adat Kalimantan Utara-Postedby-BukanTrik-,  Kalimantan Utara termasuk salah satu provinsi yang di huni oleh beberapa ragam suku yang terdiri dari suku pribumi dan suku pendatang . dimana suku pendatang di huni oleh suku jawa melalui jalur transmigrasi yang jumlahnya mencapai 40 persen. Sedangkan suku pribumi terdiri dari suku Dayak, Suku Bulungan, Suku Tidung, dan satu lagi Suku Kutai.

Kalau kita mendengar nama suku Dayak bukan tidak mungkin masih banyak tersirat hal yang berbau mistis, terutama menyangkut akan segala adat dan budaya yang ada disana . dengan ragamnya suku yang mendiami Kalimantan utara. Tentnya membuat kalimantann utara memiliki ragam budaya yang unik dank has yang di pengaruhi oleh suku-suku (etnis) yang ada disana

Salah satu budaya yang memiliki banyak ragamnya adalah seputar busana adat (pakaian adat) yang berasal dari Kalimantan utara ,yang sering digunakan secara khusus pada acara-acara tertentu dan pada upacara khusus.

Untuk lebih lengkapnya mari simak informasi mengenai pakaian adat Kalimantan utara yang sebagian besar dari suku Dayak ini.

pakaian adat wanita Kalimantan utara


Baju adat Ta’a memiliki komponen yang berupa Da’a yaitu ikat kepala yang pembuatan bahan dasarnya dari daun pandan. Pakaian ini biasa dipakai oleh para orang tua penduduk setempat. Baju bagian atas berupa Sapei Inoq dan bawahan pada pakaian adat ini yang adalah rok yang disebut taa. Hiasan pada baju yang penuh mani-manik membuat pakaian adat ini semakin menarik dan cantik. Ada tambahan pelengkap dari pakaian adat ini yaitu kalung bermanik yang menguntai sampai ke bawah dada. Pakaian ini biasa dipakai oleh kaum wanita.

Pakaian adat pria kalimatan utara


Pakaian adat Kalimantan Utara yang biasa dipakai seorang laki-laki dikenal dengan nama Sapei Sapaq. Corak yang diberikan pada pakaian adat ini kurang lebih hampir sama dengan corak yang ada pada pakaian adat wanita. Yang membedakan dari pakaian untuk pria ini atasannya berupa rumpi. Untuk bawahannya ada yang namanya cawat kalau di Kalimantan utara disebut dengan abet kaboq. Untuk menambah keperkasaan dan terlihat budaya yang menonjol ditambahkan senjata mandau yang diikat di bagian pinggang pria.

Pakaian adat Bulang Kurung dari Kalimantan utara


Bulang kurung merupakan jenis pakaian adat yang dimiliki oleh Kalimantan Utara biasa digunakan pada kegiatan ritual tradisional. Khususnya oleh suku Dayak yang sering banget memakainya pada upacara-upacara khusus. Untuk jenis dari bulang kurung ini sebenarnya masih beranekaragam dan masih terbagi-bagi kategorinya.

Pada pakaian adat bulang kurung pada bagian tangan tidak ada lengannya. Namun jenisnya juga banyak ada yang lengan pendek atau disebut dokot tangan atau yang baju lengan panjang atau lengke. Sepertinya agak mistis karena pakaian adat ini di pakai oleh para dukun-dukun di Kalimantan utara.

Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam “Nama Pakaian Adat Kalimantan Utara Pria dan wanita (penjelasan lengkap)” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top