0 Comment
Nama Pakaian Adat Tradisional Jawa Timur

Nama-Pakaian-Adat-Tradisional-Jawa-Timur

-Pakaian Adat jawa Timur-Postedby-BukanTrik-, Fungsi pakaian, awalnya digunakan sebagai alat untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin maupun panas. Kemudian fungsi pakaian menjadi lebih beragam, misalnya untuk menutup aurat, sebagai unsur pelengkap upacara yang menyandang nilai tertentu, maupun sebagai alat pemenuhan kebutuhan akan keindahan.

Pada saat sekarang dengan majunya perkembangan fashion pakaian (baju) adat tradisional sudah mulai terkikis dengan pakaian yamg modern Karena lebih simple , lebih modis dan lebih mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan

tapi walau bagaimanapun kita tetap harus melestarikan tradisi budaya kita provinsi jawa timur memilki keunikan busana / baju adat daerah tradisional yan g masih terjaga olehsebagian masyarakat jawa timur. Dimana pakaian adat Jawa Timur memiliki filosofi yang mencerminkan ketegasan dan kesederhanaan kebudayaan Jawa Timur.

Provinsi jawa timur memiliki kesamaan budaya dan bahasa dengan jawa tengah tapi ada sesuatu yang membedakan dalam berpakaian adat yaitu penggunaan penutup kepala yang dipakai atau Odheng. Arloji rantai dan sebum dhungket atau tongkat.

Pakaian adat Jawa Timur biasa disebut dengan Mantenan. Karena biasanya dipakai pada saat acara perkawinan oleh masyarakat jawa Timur.Selain busana Mantenan, pakaian khas Madura juga termasuk pakaian adat Jawa Timur.

Pakaian khas Madura biasa disebut pesa’an. Pakaian ini terkesan sederhana karena hanya berupa kaos bergaris merah putih dan celana longgar. Untuk wanita biasa menggunakan kebaya.

Ciri khas dari kebaya adalah penggunaan kut4ng polos dengan warna cerah yang menc0l0k. Sehingga keindah4n tubuh si pemakai akan terlihat jelas. Hal ini merupakan nilai budaya Madura yang sangat menghargai keind4han tubuh. Bukan sebagai sarana p0rn0gr4f1. Warna – warna yang mencolok dan kuat yang dipakai dalam busana Madura mennjukan karakter orang Madura yang tidak pernah ragu – ragu, berani, terbuka dan terus terang.

Sedangkan untuk para bangsawan menggunakan jas tutup polos dengan kain panjang. Lengkap dengan odeng yang menunjukan derajat kebangsawanan seseorang


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top