0 Comment
Nama Jenis Senjata Tradisional Sumatera Selatan

Nama-Jenis-Senjata-Tradisional-Sumatera-Selatan-lengkap-penjelasan

-Senjata Tradisional Sumatera Selatan-Postedby-BukanTrik-,  Senjata tradisional setiap daerah memiliki banyak ragam dan bentuk yang setiap senjata di fungsikan sebagai alat untuk membela diri dari lawan yang ingin menaklukan dan membunuh kita disamping itu juga di gunakan untuk berburu dan perkakas rumah tangga. Di daerah Sumatera Selatan yang terkenal dengan salah satu masakan yang enak yaitu pempek Palembang memiliki beberapa jenis senjata tradisional sebagai senjata perang jaman dahulu kala dalam mengusir penjajah di bumi Palembang

senjata tradisional yang terdapat di provinsi sumatera selatan terdiri dari senjata tradisional siwar, senjata tumbak trisula senjata keris . Senjata tradisional mempunyai kedudukan yang penting bagi seseorang, sehingga fungsinya tidak hanya sebagai alat untuk mempertahankan diri, melainkan juga sebagai benda keramat yang memiliki unsur kimpalan mekam atau kimpalan sawah (mempunyai kekuatan magis). Berikut penjelasan beserta gambar lengkap

1. Senjata tradisional Siwar dari Sumatera Selatan


Senjata tradisional-Siwar-dari-Sumatera-Selatan

Siwar atau sering juga disebut tumbak lado adalah suatu artefak yang berupa senjata tusuk genggam yang bentuknya menyerupai golok panjang dengan tajaman di salah satu sisi bilahnya.  Siwar adalah senjata yang bahan bakunya terbuat dari besi yang proses pengerjaannya umumnya dibuat oleh pandai besi di pedapuran tempat membuat alat-alat dari besi. 

Pada umumnya siwar berukuran antara 15-30 cm (skin rambai ayam) dengan lebar badan hingga ke matanya antara 1½-2 cm. Sedangkan, sarung dan gagang siwar terbuat dari kayu yang keras tetapi ringan agar dapat dibawa atau digunakan dengan mudah. Gagang siwar yang biasanya berornamen bunga atau tumbuhan bentuknya mirip dengan senjata reuncong namun membesar di bagian ujungnya.

2. Senjata Tradisional Tombak Trisula dari Sumatera Selatan


Senjata-Tradisional-Tombak-Trisula-dari-Sumatera-Selatan

Senjata tombak trisula adalah senjata tradisional yang berasal dari daerah Sumatera Selatan yang ujungnya berbentuk trisula 3 bagian ujungnya bermata tajam. Sampai saat ini sumber dari senjata tradisional ini masih belum diketahui asalnya. Namun menurut dari beberapa ahli mereka berpendapat. 

Bahwa senjata tombak trisula mempunyai hubungan dengan perkembangan budaya Hindu pada saat masa kejayaan pemerintahan Kerajaan Sriwijaya yang pada saat itu berpusat di Kota Palembang. Walau senjata tradisional trisula digunakan oleh beberapa negara, tetapi senjata trisula Sumatera Selatan mempunyai ciri khas tersendiri. Yaitu pada kedua sisi tombak trisula yaitu sisi ujung atas dan bawah tombak terdapat mata tombak.

3. Senjata Tradisional keris Situ dari Sumatera Selatan


Senjata-Tradisional-keris-Situ-dari-Sumatera-Selatan

Senjata tradisional dari Sumatera Selatan selanjutnya adalah keris situ. Senjata keris dari Sumatera Selatan ini kalau dilihat sepintas hampir sama dengan senjata tradisional dari pulau Jawa. Namun keris situ memiliki perbedaan dengan keris dari Jawa karena keris situ mempunyai lekukan yang berjumlah ganjil, yaitu ada yang 7, 9, 11, ataupun 13.

Semoga artikel tentang senjata tradisional sumatera selatan bisa menjadi salah satu khasanah budaya nusantara yang dapat di lestarikan dan di jaga oleh para generasi zaman now


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top