-->

Nama Pakaian Adat Provinsi Riau Dengan Tradisi Melayu

Nama Pakaian Adat Provinsi Riau

Nama-Pakaian-Adat-Provinsi-Riau-Dengan-Tradisi-Melayu-Modern

-Pakaian Adat Kepulauan Riau-Postedby-BukanTrik-,  Pada dasarnya pakaian berfungsi sebagai penutup aurat tetapi selain itu juga memiliki makna tersendiri bagi si pemakainya Pakaian adat tradisional merupakan salah satu ciri budaya dari suatu daerah. Di Indonesia, memiliki keunikan aneka ragam kebudayaan dari alat musik, jenis tarian daerah, dan beragam pula pakaian adat yang dimiliki. Setiap daerah memiliki pakaian adat yang beragam, dan salah satunya pakaian adat dari kepulauan riau

Provinsi kepulauan Riau dikenal Sebagai salah satu daerah yang kental dengan budaya Melayu, Sehingga pakaian adat Riau pun diambil dari busana (pakaian ) Melayu. Jenis pakaian adat Riau di antaranya, pakaian adat Indragiri, Melayu Bengkalis Riau, Melayu Siak Riau, dan Pakaian adat Kepulauan Riau memiliki nama dan jenis yang berbeda yang di gunakan oleh kaum pria dan kaum wanitanya berikut adalah penjelasan perbedaan jenis dari pakaian adat kepulauan riau yang di gunanakan oleh kaum laki dan kaum perempuannya yaitu.

Pakaian Adat tradisional pada Pria

  • Untuk pakaian pria, baju yang biasanya dipakai adalah baju adat melayu
  • pada bagian atasan mengenakan baju yang disebut teluk belanga.dan songkok atau penutup kepala
  • Sedangkan busana bagian bawah terdiri dari celana, kain samping, dimana motif yang terdapat pada Kain samping memiliki warna dan corak yang sama dengan baju atasannya sehingga terlihat senada dan matching . Pakaian adat tradisional riau yang di gunakan oleh kaum laki-laki disebut dengan baju Melayu teluk belanga.

Pakaian Adat Tradisional pada Wanita

  • pakaian adat yang di pakai oleh kaum wanita berupa baju kurung, kain, dan selendang. Selendang dipakai dengan cara disampirkan di bahu. Busana Melayu Riau ini identik dengan nilai-nilai Islam.
  • Tradisi baju adat Melayu Riau memang bersumber dari nilai-nilai Islam Pakaiannya yang tertutup mencerminkan makna bahwa pakaian haruslah menutup aurat, selain melindungi tubuh dari cuaca.
Meskipun pakaian adat merupakan salah satu ciri budaya, generasi muda zaman sekarang tidak memakai pakaian adat lagi. Berkembangnya gaya hidup modern yang berbeda dari zaman modern, penggunaan pakaian adat tradisional sudah berkurang.

Tapi masih ada sebagian masyarakat riau yang masih menggunakan pakaian adat yang disesuaikan dengan kebutuhan dan acara adat yang khususkan seperti pernikahan dan penymabutan tmu serta acara tradisi lainya . ada pakaian adat yang digunkan untuk acara keluraga seperti acara hajatan dan sebagainya biasanya menggunakan baju adat Melayu cekak musang sedangkan untuk acara acara biasa atau baju kesehariannya menggunakan baju yang disebut dengan nama baju Melayu gunting cina .

Makna Filosofi Pakaian Adat Melayu Provinsi Riau


Seperti di jelaskan diatas bahwa pakaian memilki fungsi dan kegunaan sebagai penutup aurat dan pelindung dari cuaca dan sebagainya ternyata di balik itu Pakaian adat Riau juga memiliki makna tersendiri yang mencermin kan tentang.nilai dan moral setiap orang yang memakainya



0 Response to "Nama Pakaian Adat Provinsi Riau Dengan Tradisi Melayu "

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan