-->

Nama Pakaian Adat Provinsi Jawa Barat Khas Sunda

Nama Pakaian Adat Provinsi Jawa Barat Khas Sunda

Nama-Pakaian-Adat-Provinsi-Jawa-Barat-Khas-Sunda-Modern

-Pakaian Adat Jawa Barat-postedby-BukanTrik-, Jawa Barat termasuk salah satu provinsi yang kaya akan budaya tradisional yang sebagian daerah di jawa barat masih terjaga dan terpelihara seiring dengan kemajuan jaman . diantaranya ada beberapa budaya yang masih di gunakan oleh masyarakat sunda jawabarat yaitu tari seni jaipong, tari merak, alat musik tradisional dan juga baju adat

Masyarakat sunda jawa barat memiliki pakaian adat yang khas yang sering digunakan oleh kaum laki-laki dan kaum perempuan masyarakat sunda jawabarat dimana baju adat yang digunakan oleh kaum laki-laki bebeda dengan pakaian yang di gunakan oleh kaum perempuan dan nama pakaian adat jawa barat adalah baju kebaya.

baju adat kebaya pada umumnya digunakan kebanyakan perempuan di semua lapisan, baik rakyat biasa maupun bangsawan. Perbedaannya mungkin hanya pada bahan kebaya serta aksesoris yang digunakan serta corak hiasnya yang menjadi ciri khas dari pakian adat jawabarat.

Sedangkan untuk Pakaian adat tradisional yang digunakan untuk laki-laki pada umumnya adalah baju takwa ( baju adat pangsi) dikombinasikandengan celana warna hitam, yang dilengkapi dengan kain dodot dan tutup kepala bendo yang terbuat dari kain batik halus dengan motif sama dengan kain dodot.

Untuk acara-acara resmi dan acara adat umumnya pakaian adat perempuan sunda jawabarat dilengkapi dengan sehelai selendang berwarna sama dengan kebaya serta menggunakan alas kakinya yang berupa sandal selop.

sedangkan Pada bagian leher sampai ujung kaki baju kebaya terdapat hiasan dari pasmen, demikian pula pada sekeliling lengan dan pada seputar bawah kebaya. Dan Sebagai penyambung belahan pada baju kebaya menggunakan peniti sabagai pengikatnya.

Sementara di wilayah Cirebon para perempuannya mengenakan baju kebaya sorong atau baju kurung. Selain kebaya, kain batik ( kain sinjang ) juga digunakan oleh semua lapisan masyarakat di Priangan sunda maupun di daerah Cirebon. Penggunaan kain batik dengan dililitkan pada bagian bawah badan, dari pinggang hingga ke pergelangan kaki. Untuk memperkuat lilitan menggunakan sabuk kain yang di lilitkan pada pinggang yang posisi sabuknya di tertutup olh kain sinjang yang I lipakan di atas sabuk pengikat .

dalam memakai baju adat tradisional kaum perempuan sunda parahyangan selalu memakai dan menambahkan aksesoris perhiasan gelang emas atau perak (hiasan perempuan), suweng pelenis baik yang terbuat dari emas atau perak, dan ali meneng. Sementara aksesoris yang di gunakan kaum laki-laki pada umumnya memakai cincin emas, cincin batu ali , gelang bahar. sedangkan hiasan jas yang digunakan di bagian dada, yang terdiri dari rantai emas atau perak dengan liontin dari kuku harimau.

Untuk lebih detail apa saja baju adat dan aksesoris yang di gunakan orang sunda modern jawabarat baik kaum perempuannya maupun kaun laki-laki nya berikut Perbedaan pakaian adat jawabarat antara pakaian pria (jajaka) dan wanita (mojang) priangan (sunda) jawabarat yaitu

PAKAIAN ADAT PRIA JAWA BARAT terdiri dari:

  • baju jas dengan kerah menutup leher yang biasa disebut dengan JAS TAKWA.
  • Kain batik atau lebih dikenal dengan nama KAIN DODOT dengan motif bebas.
  • Celana panjang yang sewarna dengan JAS TAKWA
  • Penutup kepala / BENDO
  • Kalung
  • Sebilah keris (senjata tradisional) yang terselip di belakang pinggang
  • Alas kaki atau selop
  • aksesoris Rantai kuku macan atau jam rantai sebagai hiasan JAS TAKWA

PAKAIAN ADAT WANITA JAWA BARAT terdiri dari:

  • Baju kebaya motif polos dengan hiasan sulam atau manik-manik
  • Kain batik atau disebut juga KAIN KEBAT DILEPE. ( kain sinjang )
  • Ikat pinggang, biasa disebut BEUBEUR yang fungsinya untuk mengancangkan kain KEBAT DILEPE ( kain sinjang )
  • Selendang, biasa disebut KAREMBONG yang berfungsi sebagai pemanis.
  • Beberapa hiasan kembang goyang yang menghiasi bagian atas kepala serta rangkaian bunga melati yang menghiasi sanggul rambut
  • aksesoris Kalung dari emas dan perak
  • Alas kaki / selop yang warnanya sama dengan warna kebaya
semoga pakaian adat tradisional tidak luntur dengan budaya pakaian modern

0 Response to "Nama Pakaian Adat Provinsi Jawa Barat Khas Sunda "

Post a Comment

silahkan berkomentar dengan sopan