0 Comment
Nama Jenis Tari Tradisional Daerah Lampung yang Populer

Nama-Jenis-Tari-Tradisional-Daerah-Lampung-yang-Populer

-Tari daerah lampung-postedby-BukanTrik-, Indonesia adalah bangsa yang tekenal dengan keberagaman aneka suku bangsa ,budaya tradisi daerah serta memiliki keunikan yang beragam seperti seni tari, jenis alat musik, rumah adat dan pakaian adatnya yang tersebar di segala penjuru nusantara. Dan salah satu yang akan jelaskan adalah daerah Lampung, mulai dari unsur kebudayaan hingga apa yang menjadi fokus dan etos mereka.

Lampung adalah sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Indonesia. Di sebelah utara berbatasan dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan. dengan ibukota Bandar Lampung yang merupakan gabungan dari kota kembar Tanjung karang dan Teluk betung memiliki wilayah yang relatif luas, dan menyimpan potensi kelautan. Pelabuhan utamanya bernama Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni serta pelabuhan nelayan seperti Pasar Ikan (Telukbetung), Tarahan, dan Kalianda di Teluk Lampung.

Lampung memiliki beberapa ragam budaya yang unik seperti hal nya daearah-daerah lain di Indonesia salah satu nya adalah seni tarinya. Ada berbagai jenis tarian yang merupakan ciri budaya Provinsi Lampung. Ada beberapa jenis tarian yang terkenal adalah Tari Sembah, Tari Cangget Ritual tari sembah biasanya diadakan oleh masyarakat lampung untuk menyambut dan memberikan penghormatan kepada para tamu atau undangan yang datang. Mungkin bolehlah dikatakan sebagai sebuah tarian penyambutan

Berikut nama jenis tarian tradisional dari daerah lampung diantaranya tari sembah, tari cangget, tari bedana, tari melinting, dibawah ini penjelasan dari jenis tarian lampung beserta keunikan dan ciri khas dalam gerakan tarinya:
  1. Tari sembah tarian tradisional lampung

  2. Tari sembah atau tari sambut merupakan tari selamat datang atau sekapur sirih yang menggambarkan rasa kegembiraan. tari ini biasanya digelar pada saat menyambut tamu atau bisa juga pada saat resepsi dan upacara selamatan maras taon, yang diiringi dengan musik dan nyayian yang mengekpresikan kehangatan dan kegembiraan dalam penyambutan. dalam tarian ini diperagakan atraksi petaburan beras kunyit yang melambangkan doa permohonan keselamatan dan kegembiraan tamu.

  3. Tari cangget tarian tradisional lampung

  4. tari cangget selalu ditampilkan pada setiap upacara yang berhubungan dengan gawi adat, seperti: upacara mendirikan rumah, panen raya, dan mengantar orang yang akan pergi menunaikan ibadah haji. Pada saat itu orang-orang akan berkumpul, baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan dengan tujuan selain untuk mengikuti upacara, juga berkenalan dengan sesamanya. Jadi, pada waktu itu tari cangget dimainkan oleh para pemuda dan pemudi pada suatu desa atau kampung dan bukan oleh penari-penari khusus yang memang menggeluti seni tari tersebut. Tarian cangget yang menjadi ciri khas orang Lampung ini sebenarnya terdiri dari beberapa macam, yaitu:

    • Cengget Nyambuk Temui,

    • cengget nyambuk temui adalah tarian yang dibawakan oleh para pemuda dan pemudi dalam upacara menyambut tamu agung yang berkunjung ke daerahnya.

    • Cangget Bakha,

    • cangget bakha adalah tarian yang dimainkan oleh pemuda dan pemudi pada saat bulat purnama atau setelah selesai panen (pada saat upacara panen raya).

    • Cangget Penganggik,

    • cangget penganggik adalah tarian yang dimainkan oleh pemuda dan pemudi saat mereka menerima anggota baru. Yang dimaksud sebagai anggota baru adalah pada pemuda dan atau pemudi yang telah berubah statusnya dari kanak-kanak menjadi dewasa. Perubahan status ini terjadi setelah mereka melalukan upacara busepei (kikir gigi).

    • Cangget Pilangan,

    • cangget pilangan adalah tarian yang dimainkan oleh para pemuda dan pemudi pada saat mereka melepas salah seorang anggotanya yang akan menikah dan pergi ke luar dari desa, mengikuti isteri atau suaminya.

    • Cangget Agung

    • cangget agung adalah tarian yang dimainkan oleh para pemuda dan pemudi pada saat ada upacara adat pengangkatan seseorang menjadi Kepala Adat (Cacak Pepadun). Pada saat upacara pengangkatan ini, apabila Si Kepala Adat mempunyai seorang anak gadis, maka gadis tersebut akan diikutsertakan dalam tarian cangget agung dan setelah itu ia pun akan dianugerahi gelar Inten, Pujian, Indoman atau Dalom Batin

  5. Tari Bedana tarian tradisional lampung

  6. Tari Bedana adalah salah satu jenis seni Tari masyarakat Suku Lampung, baik Lampung Pepadun maupun Lampung Sebatin. Namun masing-masing memiliki karakteristik, baik dari alat musik yang digunakan maupun gerakan tarinya

    Tari Bedana adalah tari muda/i Lampung. Tarian ini biasa dibawakan oleh pemuda/i dalam acara2 adat dan acara2 yang tidak resmi sebagai ungkapan rasa gembira.

    Tari Bedana adalah perwujudan luapan sukacita atas wiraga (gerak badan) untuk mencapai ekstase, dalam batas-batas tertentu ketika menari diiringi gamelan khasnya, jiwa kita seperti mengembarai lembah-lembah hijau di bawah kaki Gunung Rajabasa, semua berubah indah. Riang

  7. Tari Malinting tarian tradisional lampung

  8. TARI Melinting merupakan tarian tradisional dari peninggalan Ratu Melinting yang berada di Labuhan Meringgai Lampung Timur Indonesia. Tarian ini sudah mengalami perjalanan sejarah yang cukup lama, yaitu sejak masuknnya Islam ke Indonesia.

    Tari ini juga merupakan salah satu kesenian tari yang menggambarkan Keperkasaan dan Keagungan Keratuan Melinting dan merupakan Tarian Adat Tradisional Keagungan Keratuan Melinting yang diciptakan oleh Ratu Melinting. yang pementasanya hanya pada saat Gawi Adat (Keagungan Keratuan Melinting) saja.

    Dimana para penarinya hanya sebatas putera dan puteri Ratu Melinting yang di pentaskan di Balai Adat.musik pada seni tari ini ada tiga, yaitu sebagai pengiring, pemberi suasana, dan ilustrasi. Selain itu elemen yang ada pada seni Tari Melinting ini adalah elemen tata rias.

    Tata rias adalah seni yang menggunakan bahan-bahan kosmetik untuk mewujudkan wajah peranan Tari Melinting adalah sebagai pergaulan yang merupakan ungkapan rasa kegembiraan bagi pasangan muda-mudi, penampilannya di dominasi oleh gerak yang dinamis dari penari pria,

    sedangkan penari wanitanya lebih halus sesuai dengan sifat kewanitaannya.sebuah tari berlatar belakang cerita rakyat lampung dan menceritakan seputar kunjungan sunan gunung jati ke keraton pulung
Demikian penjelasan lengkap mengenai macam macam “Nama Jenis Tari Tradisional Daerah Lampung yang Populer ” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top