0 Comment
Sejarah Seni Tari Jaipong Jawa Barat Yang Terkenal Dan Populer 

Seni-Tari-Jaipong-Jawa-Barat-keunikan-gerak-dan-properti-pakaina

-Sejarah Tari Jaipong-Postby-BukanTrik-, Tari Jaipong merupakan salah satu nama tarian Tradisional orang sunda yang lebih luasnya daerah Jawa Barat. dan termasuk salah satu tarian yang sangat populer bagi orang sunda khususnya dan malah sudah terkenal ke mancanegara sebagai tarian yang dinamis karena Tari Jaipong ini merupakan penggabungan beberapa seni budaya tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan lain – lain. Tarian ini sering di tampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar dan festival budaya.

Tari jaipongan terlahir melalui proses kreatif dari tangan dingin H Suanda sekitar tahun 1976 di Karawang, jaipongan merupakan konsep tari yang menggabungkan beberapa elemen seni tradisi jawabarat seperti pencak silat, wayang golek, tari topeng banjet, ketuk tilu dan lain-lain.

baca juga :

seni tari Jaipongan merupakan tarian yang diiringi dengan instrument / alat musik sederhana yang terdiri dari gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden atau juru kawih. tari jaipongan menjadi sarana hiburan masyarakat jawabarat dan mendapatkan apresiasi yang cukup besar dari segenap masyarakat jawabarat dan menjadi fenomena baru dalam ruang seni budaya jawabarat, khususnya seni pertunjukan hiburan rakyat. 

tari Jaipongan merupakan jenis tarian yang komplek yang bisa dilihat dari penataan pada komposisi musikalnya hingga dalam bentuk komposisi tariannya. dimana tari jaipongan yang berasal dari daerah sunda khas jawa barat yang terkenal memiliki ciri dengan kelincahan gerak dinamis serta di pertunjukan dan di tarikan oleh para mojang priangan yang cantik cantik

Pada saat itu seni tari jaipongan masih menggunakan instrument sederhana sebagai pengiringnya seperti gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden. Melalui media kaset rekaman tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat Karawang sehingga tarian ini menjadi sarana hiburan bagi masyarakat disana.

Tarian Jaipong ini mulai dikenalkan ke masyarakat jawabarat oleh seniman bernama Gugum Gumbira, dengan tujuan mengembangkan tarian asal kerawang jawabarat di kota Bandung. Dengan terinspirasi dari berbagai kesenian sebelumnya seperti ketuk tilu, kliningan dan juga tari ronggeng, Gugum Gumbira mengemas tarian tersebut menjadi pengembangan dari Tari Jaipong.

Pada pertunjukannya, tarian ini biasa di mainkan oleh para penari secara perorangan, berpasangan atau berkelompok. Gerakan dalam tarian ini merupakan tarian atraktif dengan gerakan yang dinamis. Dengan gerakan dominan antara tangan, bahu, pinggul yang di gerakan secara lincah dan dinamis.

baca juga 
Pada saat menari secara berpasangan atau berkelompok, penari menari menari dengan gerakan yang padu antara penari satu dengan penari lainnya. Selain itu barisan atau formasi yang di lakukan secara berpindah – pindah akan menambah keindahan pada tarian tersebut. Dalam pertunjukan tari juga di iringi dengan music tradisional degung dengan alat music seperti kendang, gong, saron, kecapi dan lain – lain.

Busana atau properti yang di gunakan dalam tarian jaipong ini biasanya menggunakan kebaya berwarna cerah dan bawahan berupa kain jarit bermotif batik. Busana yang di gunakan pada tarian ini biasanya menggunakan ukuran longgar, terutama pada bagian bawah karena di sesuaikan dengan gerakannya yang lincah dan dinamis.

Pada bagian kepala biasanya menggunakan sanggul yang di hias dengan hiasan seperti mahkota dan juga bunga untuk menambah kecantikan para penarinya. Selain itu penari juga di lengkapi dengan selendang yang di gunakan untuk menari sehingga terlihat sangat anggun.

Dalam perkembangannya, Tari Jaipong ini menjadi salah satu simbol kesenian Jawa Barat. Tarian ini sering di tampilkan pada acara hiburan, penyambutan tamu besar dan festival budaya.

Seiring dengan perkembangannya, tarian ini telah di modifikasi dengan berbagai kreasi gerakan dan juga kostum atau attribute yang di gunakan dalam menarinya. Perubahan dilakukan agar tarian tersebut terlihat menarik, namun tidak meninggalkan pakem atau keasliannya.

kesimpulanya

Tari jaipong adalah tarian tradisional yang berasal dari Bandung ( orang sunda) Jawa Barat yang diciptakan oleh Gugum Gumbira. Sejarah tari jaipong sebenarnya telah mulai muncul pada kisaran tahun 1979 namun baru dikemas ulang oleh Gugum Gumbira pada tahun 90-an.

Selain dapat digunakan sebagai hiburan, tarian ini juga berfungsi sebagai tari andalan dari masyarakat sunda Jawa Barat. selain itu seni tari jaipongan memiliki Keunikan ciri gerakan karena menggabungkan beberapa macam gerakan kesenian tradisional seperti pencak silah dan ketuk tilu. Properti yang digunakan dalam sebuah pementasan jaipong secara garis bersar dapat dibedakan menjadi dua yakni busana serta musik pengiring.

baca juga
Demikian penjelasan lengkap mengenai “Sejarah Tari Jaipong Jawa Barat Yang Terkenal Dan Populer ” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top