0 Comment
Keunikan Rumah Adat Panggung Limas Bangka Belitung

Keunikan-Rumah-Adat-Panggung-Limas-Bangka-Belitung

-Rumah Adat Bangka belitung-Post by-BukanTrik-, Provinsi Bangka belitiug merupakan salah satu wilayah indonesia sebagai tujuan wisata karena Propinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai macam potensi yang cukup menarik baik dilhat dari sisi alam maupun dari seni budaya nya. Salah satu potensi yang menarik perhatian dan menjadi ciri bangka belitung adalah bentuk rumah tradisional bangka yang memiliki keunikan bentuk atap yang berbentuk limas dan bertangga Makanya Masyarakat Bangka Belitung biasa menyebutnya dengan Rumah Panggung Limas.

Rumah adat panggung limas sangat kental sekali dengan budaya melayu yang merupakan ciri khas dari rumah adat tradisional ini. Dimana Komponen pembuatan dari rumah panggung limas yang dominan terbuat dari bahan kayu yang melambangkan kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan.

baca juga 

Sedangkan Struktur bangunan rumah adat limas terbuat dari bahan - bahan yang didapat dari alam, yaitu kayu, rotan, bambu, akar pohon, daun - daun, atau alang - alang dan lainnya. sedangkan pondasi rumah terbuat dari kayu yang memiliki jumlah tiang sebanyak 9 tiang. Dengan tiang utama terletak di tengan - tengah bangunan.

Secara umum arsitektur dari rumah adat pnggung limas bercirikan Arsitektur Melayu. Yang mana ciri arsitektur melayunya dikenal ada tiga tipe yaitu Arsitektur Melayu Awal, Melayu Bubung Panjang dan Melayu Bubung Limas.

Rumah Adat Melayu Awal

Rumah Melayu Awal berupa rumah panggung kayu dengan material seperti kayu, bambu, rotan, akar pohon, daun-daun atau alang-alang yang tumbuh dan mudah diperoleh di sekitar pemukiman.

Atap.

Bangunan Melayu Awal ini beratap tinggi di mana sebagian atapnya miring, yang memiliki ciri beranda di bagian muka, serta terdapat banyak bukaan yang berfungsi sebagai fentilasi. Rumah Melayu awal terdiri atas rumah utama dan rumah dapur, yang berdiri di atas tiang rumah yang ditanam dalam tanah.

Tiang

Berkaitan dengan tiang, masyarakat Kepulauan Bangka Belitung mengenal falsafah 9 tiang. Bangunan didirikan di atas 9 buah tiang, dengan tiang utama berada di tengah dan didirikan pertama kali. Atap ditutup dengan daun rumbia.

Dinding

Dindingnya biasanya dibuat dari pelepah/kulit kayu atau buluh (bambu).

Rumah Melayu Bubung


Rumah Melayu Bubung Panjang biasanya karena ada penambahan bangunan di sisi bangunan yang ada sebelumnya,

Rumah bubung limas

sedangkan Bubung Limas merupakan rumah adat melayu yang tercampur dengan pengaruh dari rumah adat Palembang. Yang terlihat dari Sebagian atap serta sisi bangunan yang terpancung. Selain itu juga terpengaruh dari arsitektur Melayu yang ditemukan tapi ada juga pengaruh arsitektur non-Melayu seperti terlihat dari bentuk Rumah Panjang yang pada umumnya didiami oleh warga keturunan Tionghoa. Pengaruh non-Melayu lain datang dari arsitektur kolonial, terutama tampak pada tangga batu dengan bentuk lengkung.

Rumah panggung limas bangka belitung memiliki kaitan erat dengan rumah adat Palembang di lihat dari sisi sejarahnya dimana bangka belitung dulu merupakan bagian dari provinsi sumatera selatan di bawah kesultanan palembang. sehingga kebudayaan dan bentuk rumah adat di bangka Belitung ada kemiripan dengan rumah aat palembang.

sesuai dengan namanya Rumah panggung limas berbentuk panggung dan atapnya berbentuk limas terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu nyato salah satu kayu yang berkualitas di bangka belitung.sedangkan di daerah palembang kayu bulian.

Rumah tradisional panggung limas Bangka Belitung memiliki beberapa kamar sebagai tempat tinggal penghuni rumah. Yang di baut Dengan bahan kayu yang kuat kedinding papan yang tersusun rapi .dini lah keunikan dari rumah adat panggung limas dari Bangka Belitung yang mungkin saat ini jumlahnya bias di hitug jari oleh karena itu sudah selayaknya rumah tradisional panggung limaslayak untuk di lestarikan sebagai rumah adat Bangka Belitung sebagai budaya dari provinsi Bangka belitung

Baca juga
Demikian penjelasan lengkap mengenai “Keunikan Rumah Adat Panggung Limas Bangka Belitung” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top