0 Comment
Jenis Tari Merak Jawa Barat ( Sejarah, Kostum Dan Properti )

Jenis-Tari-Merak-Jawa-Barat-Sejarah-Kostum-Dan-Properti

-Tari merak jawa barat-Post by-Bukan Trik-, Jawa barat termasuk salah satu provinsi yang kaya akan seni budaya. salah satunya seni tari dan yang sangat populer di masyarakat sunda jawa barat  adalah tari jaipong dan tari merak yang masing-masing memiliki sejarah serta ciri dari tarian yang terkandung pada seni tari jawabarat. sejarah awal mula Tari merak dari Jawa Barat ini diciptakan oleh seorang tokoh seni yang bernama Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950. Namun dalam perjalanan waktu dan sejarah Tari Merak ini mengalami beberapa kali revisi diantaranya Tari Merak yang telah dibuat ulang oleh Irawati Durban pada tahun 1965.

Dinamakan tari merak karena tarian ini menggambarkan kecantikan dan keindahan burung merak. Para penari tarian tradisional ini menggunakan kostum yang juga mirip dengan bulu burung merak. Tari merak ini adalahimplentasi dari kehidupan burung merak , dan menceritakan tentang kehidupan burung merak itu sendiri .

baca juga
Utamanya tingkah merak jantan ketika ingin memikat merak betina .Gerakan merak jantan yang memamerkan keindahan bulu ekornya ketika ingin menarik perhatian merak betina tergambar jelas dalam Tari Merak

Perkembangan Tari Merak

Dalam perjalanan waktu ,sekitar 1950-an tari merak jawa barat telah mengalami perubahan dari gerakan asli yang diciptakan oleh raden tjetjep somantri dan 1965, tarian ini diperkenalkan kembali dengan kreasi gerak baru oleh dra irawati urban arjon, seorang pencinta seni tari yang berasal dari jawa barat dan ia yang berjasa menambahkan beberapa koreografi e dalam tari merak versi asli. Sejarah tari merak tidak hanya sampai disitu karena pada tahun 1985 gerakan tari merak direvisi .

Fungsi Tari Merak 

Fungsi Tari Merak adalah sebagai tarian penyambutan . Berikut ini adalah penjelasan yang lebih detail tentang fungsi dari Tari Merak :
  • Sebagai tarian persembahan untuk para tamu yang hadir dalam resepsi pernikahan .
  • Sebagai tarian penyambutan untuk rombongan pengantin pria ketika menuju pelaminan .
  • Sebagai tarian penyambutan tari agung dalam sebuah acara atau ritual .
  • Sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia dalam kancah internasional .
Kostum

Warna kostum yang dipakai oleh para penari biasanya disesuaikan dengan corak bulu burung merak .Selain itu , kostum penari juga dilengkapi dengan sepasang sayap yang mengimpletasikan bentuk dari bulu burung merak jantan yang sedang dikembangkan .

PROPERTI TARI MERAK
  1. Bagian kepala

  2. Mahkota : Mahkota yang digunakan oleh penari tari merak ini disebut juga dengan “Siger”, biasanya juga warna mahkotanya serasi dengan warna kostum yang dipakai oleh Tari Merak.

    Hiasan Telinga : Properti ini dipakai di bagian telinga untuk hiasan telinga , dan untuk pelengkap mahkota . Hiasan telinga ini bisa disebut juga “Sesuping” .

    Hiasan Sanggul : properti ini dikenakan dibelakang rambut para penari Tari Merak, sebagian besar orang menyebutnya dengan sebutan “garuda mungkur”.
  3. Bagian badan


  4. Penutup Dada : Penari memakai pakaian layaknya kemben sebagai penutup busana bagian dada .Kain kemben ini melingkar dari dada sampai bagian perut dan dilengkapi oleh tali agar tidak melorot saat dipakai .

    Apok : Apok merupakan kain penutup yang berbentuk melingkar yang dikenakan oleh penari sebagai. penutup leher hingga kebagian dada . Guna mendukung koreografi , Apok dikenakan dan dihiasi ornament khas sehingga terlihat indah dipandang mata .

    Sayap : Keindahan dari ornament yang berwarna warni dengan motif yang menyerupai burung merak , sayap ini sangat penting karna menggambarkan seekor burung merak , dan ada juga penutup pinggang dan sampur .
  5. Bagian bawah
  6. Sebagai penutup bagian bawah para penari menggunkan busana berbentuk rok dengan desain sedemikian rupa agar serasi dengan seluruh properti dan tak lupa ornament sayap dibuat semirip mungkin dengan sayap burung merak , ada juga gelang dan kilat bahu untuk menambah keindahan kostum para penari Tari Merak .
Pementasan tari merak jawabarat

Tari Merak juga biasanya ditampilkan (dipentaskan) secara berpasangan , yaitu penari merak jantan dan penari merak betina , dengan iringan sebuah lagu gending macan ucul maka para penari mulai menggerakan tubuhnya dengan gemulai layaknya gerakan merak jantan yang sedang tebar pesona . Dalam adegan gerakan tertentu terkadang Waditra Boning dipukul di bagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang , itu merupakan bagian gerakan sepasang merak yang sedang bermesraan . gerakan merak yang anggun dan mempesona tergambar dari gerakan tari merak yang penuh keceriaan dan keanggunan . Tari Merak juga sering digunakan untuk menyambut pengantin pria atau sebagai hiburan untuk tamu dalam acara pernikahan

baca juga



Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top