0 Comment
Nama Jenis Tari Tradisional Yang Berasal Dari Daerah Kalimantan Tengah 

KeUNIKan-Tari-Tradisional-Yang-Berasal-Dari-Kalimantan-Tengah

-Tarian Kalimantan Tengah-Postedby-BukanTrik-, kalteng memiliki sangat kaya ragam jenis kebudayaan dan kesenian yang termasuk diantaranya seni tarinya ada beberapa seni tari yang berasal dari kalimantan tengah tepatnya dari kota palangkaraya yang sangat populer yaitu tari mandau, tari tambun bungai , tari dadas, putri malawen, tari hudo dan hugo  selain memilki keunikan dari segi kostum dan gerakannya serta properti -properti yang sering digunakan dalam tarian tarian khas daerah kalteng

bagi sobat yang ingin mengenal kesenian dan kebudayaan yang berasal dari daerah kalimantan tengah khususnya seni tari nya dibawah ini ada penjelasan seputar tarian tradisional khas daerah kalteng dengan gambarnya diantaranya  

baca juga
  1. Tari Tradisional Mandau Khas Daerah Kalteng

  2. Tari-Tradisional-Mandau-Khas-Daerah-Kalteng

    Tari Mandau merupakan salah satu dari berbagai jenis tarian khas suku dayak di Kalimantan Tengah, lebih tepatnya berasal dari Kota Palangkaraya. Tari Mandau adalah simbolisasi dari semangat juang masyarakat suku dayak dalam membela harkat dan martabatnya. Selain menggambarkan patriotisme warga Bumi Tambun Bungai untuk menjaga tanah kelahirannya, tari Mandau juga merupakan simbolisasi keperkasaan pria suku Dayak dalam menghadapi segala macam tantangan dalam aspek kehidupan.

    Dalam setiap GERAKAN tari Mandau, selalu diiringi dengan alat musik tradisional khas dengan alunan suara Gandang dan Garantung yang berirama kencang. sehingga menghasilkan Harmonisasi irama yang penuh semangat, seolah mengajak mereka yang mendengar dan menyaksikan persembahan tari Mandau semakin bersemangat layaknya pejuang Suku Dayak yang siap terjun ke medan juang. setiap penari tari Mandau selalu dilengkapi dengan properti  Mandau pada tangan kanan dan talawang ( perisai ) di tangan kiri dengan tujuan untuk menangkis serangan musuh sebagai tameng

  3. Tari Tradisional Tambun dan Bungai Berasal Dari Kalteng

    Tari-Tradisional-Tambun-dan-Bungai-Berasal-Dari-Kalteng

    merupakan sebuah tari yang mengisahkan kepahlawan dalam mengusir musuh yang akan merampas panen rakyat Tambun Bungai (atau Tambun dan Bungai) adalah tokoh legenda Suku Dayak Ot Danum yang tinggal di tengah pulau Kalimantan, khususnya wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Legenda dan cerita rakyat Tambun Bungai sangat dikenal masyarakat setempat sebagai asal usul manusia di bumi Kalimantan Tengah. Tambun dan Bungai dianggap tokoh supranatural sekaligus nenek moyang suku Dayak tambun dan bungai adalah pejuang di Kalimantan Tengah.

    tambun dan Bungai adalah saudara dari ayah mereka yang merupakan adik-kakak. Kedua orang ini, Tambun dan Bungai memiliki perasaan yang sama yaitu jika salah satu diantara mereka bersedih maka yang satu akan ikut merasakan kesedihan yang sama dialaminya. Keduanya memiliki karakter dan sifat yang sama. Mereka memiliki watak yang cerdas, lemah lembut, peramah, suka menolong sesama, sedikit menerima banyak memberi, cepat kaki ringan tangan, bijaksana, dan pantang menyerah untuk membela kebenaran.


  4. Tari Tradisional Putri Malawen


  5. Tarian-Tradisional-Putri-Malawen

    Tarian Putri Malawen merupakan salah satu tarian yang berasal dari Kalimantan Barat sendiri, dimana tarian ini sendiri merupakan tarian yang biasanya ditampilkan pada kerajaan sendiri. Tarian ini sendiri berasal dari daerah Barito, dimana pada daerah tersebut ada danau yang bernama danau Malawen, dimana pada zaman tersebut sendiri ada kerajaan pada daerah tersebut. biasanya sendiri tarian ini dilakukan oleh putri daerah barito itu sendiri pada acara-acara besar tertentu yang ada pada kerajaan.

    Tarian tradisional ini juga merupakan tari tradisional yang harus kita lestarikan, dimana seperti yang kita tahu bahwa tarian-tarian yang ada pada Negara Indonesia pada zaman sekarang pun sudah mulai memudar dan kurang adanya penampilan dari beberapa daerah tersebut karena banyaknya pemuda-pemudi yang sudah tidak bisa lagi melakukan budaya atau tarian dari daerah mereka masing-masing sendiri, bukankah hal tersebut sendiri merupakan hal yang memalukan khususnya bagi Negara kita sendiri yang merupakan Negara yang mempunyai banyak sekali budaya yang ada dan juga warisan yang tidak ada habis-habisnya. Jadi sebagai generasi muda kita harus senantiasa menjaga semua tari yang ada pada daerah mereka masing-masing.

  6. Tari Tradisional Balean Dadas

  7. Tarian-Tradisional-Balean-Dadas

    Wadian dadas adalah salah satu sarana upacara dalam bidang pengobatan tradisional pada masyarakat Suku Dayak Ma’nyan di Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Konon, wadian dadas berasal dari  ilham yang diperoleh seorang wanita bernama Ineh Ngundri Gunung. Wanita tersebut mendapatkan ilham untuk menjalankan suatu tugas dari seorang dewa untuk menyembuhkan seseorang atau apa yang diperintahkan oleh dewa.

    Wanita ini merupakan wadian yang pertama dan merupakan utusan dewa yang diwujudkan dalam bentuk burung elang, selanjutnya wadian akan diteruskan oleh keturunan berikutnya. Pada mulanya wadian dadas berasal dari daerah Barito Timur (perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur) di pedalaman pegunungan Meratus, tepatnya di Desa Nansarunai. Saat itu di Desa Nansarunai berdiam Suku Dayak Ma’nyan.

    Tetapi karena terdesak oleh suku bangsa lain, mereka kemudian meninggalkan tempat asalnya dan berpindah ke tempat lain, seperti ke Kec. Dusun Timur (Kab. Barito Selatan) dan daerah Tamiang Layang (Kab. Barito Timur). Wadian dadas yang semula hidup di zaman masyarakat primitif kemudian berkembang di dalam masyarakat tradisional, kerena adanya perpindahan komunitas Dayak Ma’nyan ke desa lain.merupakan tarian guna memohon kesembuhan bagi mereka yang sakit


  8. Tari Tradisional Hugo Huda

  9. Tari-Tradisional-Hugo-Huda

    Tarian Hugo dan Huda ini merupakan tarian tradisional dari Kalimantan Tengah yang termasuk dalam tarian ritual agar para dewa menurunkan hujan ke bumi. Tarian ini biasanya dilakukan apabila telah berlangsung musim kemarau yang cukup lama.

    Namun tarian ini sendiri merupakan tarian hiburan yang ada pada daerah ini sendiri dan sering juga dipertunjukkan sebagai tarian hiburan untuk pelepas stress dari masyrakat yang ada yang disekitar daerah tersebut. untuk tarian Hugo dan Huda ini sendiri biasanya dilakukan oleh satu orang saja yang menarikan tarian ini, dimana biasanya tarian ini diiringi dengan alat music kecapi dalam tarian itu sendiri. dan biasanya tarian ini dilakukan oleh perempuan untuk menghibur para masyarakat.
Seiring majunya perkembangan zaman, dan maraknya budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia mengakibatkan budaya lokal sedikit demi sedikit mulai tersingkirkan. Termasuk budaya di Kalimantan, khususnya Kalimantan Tengah yang dapat dilihat dari kesenian tari. 

Kalimantan Tengah termasuk penyumbang besar budaya di Indonesia, dikarenakan di Kalimantan Tengah sendiri memiliki banyak suku-suku belum lagi ditambah dengan anak-anak suku. Oleh karena itu, Kalimantan Tengah pasti memiliki banyak ragam jenis tarian yang belum diketahui sepenuhnya oleh para generasi muda, hal itupun termasuk menyebabkan kesenian tari di Kalimantan Tengah mulai tersingkirkan dengan masuknya kesenian tari dari budaya lain

baca juga 
Demikian penjelasan lengkap mengenai macam-macam jenis “Tari Tarian Tradisional yang berasal Dari Kalimantan Tengah” semoga dapat bermanfaat, terima kasih untuk kunjungan ke blog BukanTrik. Silahkan baca juga artikel terkait lainnya


Posting Komentar

silahkan berkomentar dengan sopan

 
Top